Perjalanan Panjang Asripan Nani, Beri Tips Berkarir di ASN

Dr Asripan Nani, M.Si
Dr Asripan Nani, M.Si
IDENTIK.NEWS – Asripan Nani, Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), memberikan tips terkait berkarir di birokrat sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Hal itu disampaikannya kepada identiknews saat bersua dengan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) itu, di kediamannya, Kamis (28/12/2023).

Dalam wawancara bersamanya, identiknews coba menggali awal mula dirinya meniti karier di birokrasi sebagai ASN. Selain itu, ditanya juga terkait tips sebagai abdi negara dalam birokrasi kepemerintahan.

Seperti diketahui, Asripan Nani saat ini merupakan pejabat di pemerintahan provinsi Sulut, sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemprov Sulut. Ia kemudian diberikan amanah untuk menjabat sebagai Penjabat Walikota Kotamobagu.

Perjalanan karier Asripan Nani, bukanlah hal yang tanpa melalui proses yang panjang. Dia menuturkan, penuh dengan lika-liku pengabdian.

“Pada intinya, meniti karier sebagai ASN itu, saya berpegang teguh pada kerja ikhlas, kerja tuntas, loyal profesional, dan terakhir tetap rendah hati,” tuturnya.

Menurutnya, sebagai abdi negara yang baik itu, harus patuh dan taat pada asas perundangan-undangan. Dimana, pengabdian adalah hal yang utama.

“Harus fokus pada pekerjaan, seriusi hingga tuntas. Saya tipe orangnya jika menangani pekerjaan, kalau tidak selesai, rasanya tidak puas. Maka harus diselesaikan,” ujarnya.

Saat menjabat sebagai Sekda Bolmut (2016-2021), ia menceritakan betapa pentingnya menjaga keseimbangan pemerintahan dengan selalu melakukan koordinasi.

Dr Asripan Nani, MSi

“Itu luar biasa sekali, harus menjaga irama, dan keseimbangan. Baik itu terhadap Bupati dan Wakil Bupati, hingga ke legislatif atau DPRD. Koordinasi yang paling penting,” kata dia.

Karier Asripan Nani di ASN

Asripan Nani menjabat sebagai Asisten II Sekretariat Pemprov Sulut, bukan tidak melalui proses yang panjang di Birokrasi ASN. Baik di Kabupaten Bolmut sendiri maupun di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), sebelum Bolmut mekar menjadi Kabupaten sendiri.

Dari sejumlah informasi yang dirangkum oleh media ini, sejak tahun 1992. Asripan sudah mulai meniti karirnya di ASN, pada Tahun 1995 dirinya sudah mengemban amanah sebagai PPKLB kecamatan Bolangitang atau pegawai Pemda Kabupaten/Kota yang berkedudukan di Desa atau Kecamatan, Tahun 1997 kemudian di Kecamatan Sangkub.

Pada Tahun 2000, tepatnya pangkat golongannya III/c, dirinya diangkat sebagai Kepala Seksi P2P BKKBN Kabupaten Boalemo, Tahun 2001 Ajun PKB Pratama Manado.

Selanjutnya, jabatan strategis di birokrat kembali diraihnya dengan dilantiknya sebagai Sekertaris BKKBN Kabupaten Bolmong pada Tahun 2003, dilanjutkan dengan Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kabupaten Bolmong sampai dengan Tahun 2006.

2006 sampai 2007, dirinya diamanatkan sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Bolmong, 2007 sampai 2012 saat Kabupaten Bolmut sudah mekar, dirinya ditunjuk sebagai Asisten Bidang Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Bolmut, juga sempat pada Tahun 2008 dipercayakan menjadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, dan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bolmut.

Tahun 2009, sebagai Pelaksana Harian Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bolmut, 2010 sebagai Pelaksana Harian Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kabupaten Bolmut, kemudian pada Tahun 2011 diamanatkan sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bolmut.

Jabatan selanjutnya, dipercayakan sebagai Pelaksana Harian Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Bolmut pada tahun 2014, Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Bolmut pada Tahun 2015.

Selanjutnya Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Tahun 2017, juga Pengangkatan Penjabat Sekda Kabupaten Bolmut, dan kemudian diangkat sebagai Sekda Kabupaten Bolmut pada 20 Juli Tahun 2016 sampai Tahun 2021.

Berkat hal itu, ia kemudian dilirik oleh Pemprov Sulut dan kemudian diangkat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemprov Sulut pada 26 November 2021.

Asripan Nani Saat Dilantik Sebagai Penjabat Walikota Kotamobagu

Dua tahun kemudian, atau tepatnya 26 Juli 2023, dia mendapat jabatan strategis di Pemprov Sulut, yakni sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Selanjutnya, pada 25 September 2023, Asripan Nani kemudian ditunjuk sebagai penjabat Walikota Kotamobagu.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *