Benteng Harihar, Tempat Bersejarah: Simbol Pertahanan

Benteng Harihar, Sebuah Peninggalan Sejarah Kuno di India
Benteng Harihar, Sebuah Peninggalan Sejarah Kuno di India (foto: Fb Infologi)
DUNIA – Salah satu tempat bersejarah yang banyak dikenal oleh masyarakat dunia, yakni Benteng Harihar. Sebuah benteng yang terletak di puncak bukit setinggi 1.120 mdpl, terletak di Negara bagian Maharashtra, India.

Harihar berjarak sekitar 40 Kilometer dari Kota Nashik, Maharashtra. Benteng ini dikenal dengan simbol pertahanan yang kokoh dan tempat berlindung yang kuat.

Benteng ini didirikan pada periode Dinasti Abbawa pada abad ke-9 hingga ke-14, sebagai tempat peristirahatan, perlindungan, dan pos pengawasan untuk jalur perdagangan.

Pada perjalanannya, Benteng ini kemudian mengalami pergantian kekuasaan antara Kekaisaran Mughal, Kerajaan Marata, dan Inggris, sepanjang sejarahnya.

Harihar memiliki desain arsitektur yang unik dan kokoh, dengan kemiringan hampir 80 derajat, yang membuatnya menjadi tempat berlindung yang kuat dan simbol pertahanan.

Tempat ini juga memiliki nilai budaya yang tinggi, dengan adanya istana, kuil, dan seni ukir yang mencerminkan seni dan budaya Karnataka pada masa itu.

Sebagai tempat yang bersejarah, Benteng ini menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang populer di India, karena menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama sungai Tungabhadra, dan tantangan pendakian yang ekstrem.

Dalam sejarahnya, benteng ini memiliki banyak cerita dari perubahan politik dan budaya di wilayah India tersebut.

Sebagaimana sejarahnya, India menjadi salah satu pusat kegiatan politik, budaya dan perdagangan yang kaya. Hal itu karena posisinya yang sangat strategis.

Banyak benteng dan istana yang di bangun di seluruh India, untuk berlindung dari serangan musuh, dan mengamankan jalur perdagangan di wilayah tersebut. Salah satunya yakni Benteng Harihar.

Hal yang menarik perhatian publik terhadap benteng ini, yakni letaknya yang berada di ketinggian, serta akses yang ditempuh, memiliki kemiringan vertikal hampir 80 derajat.

Selain itu, Harihar memiliki fitur yang menarik didalamnya, dimana diyakini terdapat beberapa sosok yang sangat dihormati di India. Seperti Dewa Hanuman, Dewa Siwa. Terdapat pula kolam kecil, serta tempat peristirahatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *