Mafia Minyak Goreng, Menag Lutfi: Kami Minta Maaf

IDENTIK.NEWS – Terkait adanya mafia minyak goreng, menteri perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyampaikan permintaan maaf karena tidak bisa mengontrolnya.

Mendag membeberkan sejumlah kecurangan mafia minyak goreng yang terjadi di Indonesia, hingga menyebabkan kelangkaan persediaan.

Dia pun minta maaf karena tidak bisa mengontrol dan melawan penyimpangan minyak goreng yang diduga akibat ulah mafia.

“Kami menyampaikan permohonan maaf, Kementerian Perdagangan tidak bisa mengontrol,” katanya dalam rapat bersama DPR, Jakarta, Kamis (17/3/2022) dikutip dari Liputan6.com.

Lutfi mengatakan, ketersediaan minyak goreng khususnya di tiga wilayah Indonesia sebenarnya cukup. Seperti di, Sumatera Utara pada 14 Februari sampai 16 Maret mendapatkan pasokan minyak sebesar 60.423.417 liter.

Sementara, rakyat Sumatera Utara menurut BPS 2021 jumlahnya 15,18 juta orang.

“Jadi kalau dibagi, ini setara dengan 4 liter per orang dalam satu bulan,” jelas Mendag.

Namun ironi, dengan pasokan memadai khusus wilayah Medan mendapatkan 25 juta liter, rakyarnya menurut BPS 2,5 juta orang.

“Jadi 1 orang menurut hitungan adanya 10 liter, saya pergi ke Kota Medan, ke pasar, ke supermarket tidak ada minyak goreng,” ungkapnya.

Dua daerah lain mengalami kondisi serupa, seperti Surabaya dan Jakarta.

“Pertama Surabaya, Jawa Timur yang distribusinya mencapai 91 juta, di Jakarta yang totalnya 85 juta dengan 11 juta rakyat, dan di Sumatera Utara yang mestinya berlimpah, tidak ada,” imbuhnya.

Svg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *