Berikut 6 Caleg DPR RI Dapil Sulut yang Unggul Dalam Real Count KPU

Perolehan Suara DPR RI Dapil Sulut berdasarkan Real Count KPU, mengerucut ke 6 Caleg
Ilustrasi Perolehan Suara DPR RI Dapil Sulut Pemilu 2024 (foto: dok identiknews)
SULUT – Helatan Pemilihan Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2024 ini, telah menggambarkan posisi perolehan suara dari masing-masing Partai Politik (Parpol).

Dari pantauan identik.news di real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang di update pada 21 Februari pukul 21.00 Wita, PDI Perjuangan memimpin perolehan suara tertinggi, disusul Partai Demokrat, Golkar, NasDem dan kemudian Gerindra.

Real count yang di update per 21 Februari itu, menayangkan perolehan suara PDI P sebesar 264.959, Demokrat 157.393, Golkar 103.359, NasDem 86.484 dan Gerindra 61.362.

Namun begitu, perolehan suara tersebut, baru berada di presentase 63,60 persen atau 5.241 TPS dari jumlah keseluruhannya 8.240 TPS se-Sulut.

Untuk kursi DPR RI Dapil Sulut sendiri diketahui, hanya berjumlah 6 kursi.

Sementara berdasarkan hitungan identik.news, 6 Caleg DPR RI yang mengungguli real count sementara itu, yakni Rio Dondokambey (PDI Perjuangan). Suara signifikan yang diraup partai besutan Megawati Soekarnoputri di Sulut itu, mencatatkan rekor terbanyak.

Rio Dondokambey yang notabenenya merupakan putra dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey itu, berhasil meraup suara pribadi 97.745 berdasarkan real count sementara.

Di posisi kedua, disabet oleh Hillary Brigitta Lasut (Demokrat). Politisi muda berjenis kelamin perempuan itu, berhasil mencatatkan rekor Partai Demokrat di Sulut. Dari nol kursi pada Pileg 2019, kini diprediksi bakal menyabet satu kursi.

Hillary Brigitta Lasut berhasil mendulang suara pribadinya di angka 150.159 berdasarkan real count sementara.

Selanjutnya di posisi ketiga, diamankan oleh Christiany Eugenia Paruntu (Golkar). Mantan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) ini berhasil meraup suara pribadi 43.767. Dengan didukung perolehan suara Jerry Sambuaga Cs, Golkar menduduki peringkat ketiga dari real count sementara.

Posisi keempat, berhasil diamankan kembali oleh PDI Perjuangan, Yasti Soepardjo Mokoagow. Dari perolehan suara akumulasi partai politik dan calon berjumlah 264.959, PDI Perjuangan dalam bilangan pembagi perolehan, mendapat dua kursi.

Yasti Soepardjo Mokoagow sendiri, berhasil mendulang suara pribadinya 46.725.

Selanjutnya di posisi kelima, yakni Tatong Bara dari Partai NasDem. Mantan Walikota Kotamobagu itu, mendulang suara pribadi 25.913, yang suara partai dan Caleg DPR RI lainnya dengan jumlah 86.484.

Terakhir di posisi keenam, berhasil diamankan oleh Christovel Liempepas dari Partai Gerindra. Politisi muda ini, secara tak terduga mendulang suara terbanyak di Gerindra dengan perolehan suara pribadi 19.066, ditopang suara partai dan caleg DPR RI lainnya dengan jumlah keseluruhan 61.362.

Penting diketahui, hasil real count itu belum merupakan hasil akhir dari keseluruhan. KPU akan melakukan rekapitulasi suara secara berjenjang, hingga pleno ditingkat pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *