Wow! Gerhana Matahari Pertama di Tahun ini Terjadi 30 April

Ilustrasi Gerhana Matahari (Gambar Pixabay)

IDENTIK.NEWS – Gerhana matahari pertama tahun ini akan berlangsung beberapa hari lagi. Di mana lokasi peristiwa alam tersebut dan bagaimana menyaksikannya?

Dikutip dari Space, Sabtu (23/4/2022) gerhana matahari sebagian itu akan berlangsung pada 30 April 2022 yang terjadi seluruh bagian Antartika, Amerika Selatan di ujung selatannya, dan Samudera Pasifik dan Atlantik.

Indonesia? sayangnya tidak akan mengalami detik-detik ketika Matahari dihalangi piringan Bulan itu.

Gerhana matahari sebagian ini akan terjadi mulai pukul 14.45 EDT waktu setempat atau 01.45 WIB pada 1 Mei 2022. Sedangkan, puncak terjadinya gerhana pukul 16.41 EDT waktu setempat atau 03.41 WIB.

Baca Juga: Wow! Lima Negara ini Tidak Memiliki Tentara

Bagi warga Indonesia yang ingin menyaksikan gerhana matahari sebagian ini secara online.

Terjadinya gerhana matahari diakibatkan bulan melintas tepat di depan matahari dengan sempurna, tetapi tidak menutup seluruhnya pada 30 April ini.

Kalau tertutup sempurna, maka yang terjadi adalah gerhana matahari total. Sedangkan di tahun ini, tidak akan ada gerhana matahari total, karena fenomena itu ada di tahun 2023.

Gerhana matahari sebagian selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 25 Oktober. Kemudian, gerhana bulan total mengikuti gerhana matahari sebagian bulan ini hanya dua minggu nanti pada 16 Mei mendatang.

Baca Juga: Berbagai Proyek Penelitian, Ada Yang Dianggap ‘Melawan Kuasa Tuhan’

Sebagai informasi, matahari kira-kira 400 kali lebih besar dari bulan, tetapi bulan mengorbit Bumi kira-kira 400 kali lebih dekat daripada Bumi mengorbit matahari.

Kadang-kadang, bulan cukup dekat dan dalam posisi yang tepat untuk menutupi matahari sepenuhnya dari perspektif Bumi hingga 7,5 menit. Namun, situasi itu hanya terjadi setiap 18 bulan. Gerhana sebagian lebih sering terjadi.

Artikel ini telah tayang di Detikcom: https://inet.detik.com/science/d-6047640/siap-siap-gerhana-matahari-pertama-di-tahun-ini-terjadi-30-april.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *