Resmi Beroperasi, Intip Nilai Investasi Kereta Api Makassar – Parepare

Intip Nilai Investasi Kereta Api Makassar - Parepare
Ilustrasi Kereta Api
IDENTIK.NEWS – Stasiun Kereta Api Makassar – Parepare rute Maros – Barru, resmi beroperasi sejak 17 Desember 2023 ini. KA satu-satunya di Sulawesi itu diketahui merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) oleh Kementerian Perhubungan.

Tak main-main, nilai investasi untuk KA tersebut pun cukup fantastis. Yakni sebesar Rp 9,28 Triliun, yang berasal dari APBN, pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta pengadaan tanah oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), dan APBD.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Kemenhub terus berupaya membangun infrastruktur transportasi dengan paradigma Indonesia Sentris atau secara manual merata di seluruh wilayah. Salah satunya transportasi Kereta Api.

Ia menerangkan, dari berbagai infrastruktur perkeretaapian yang dibangun, dua diantaranya merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah diselesaikan, yaitu KA Makassar – Parepare rute Maros – Barru dan LRT Sumsel di Kota Palembang.

Jalur KA Makassar – Parepare itu diketahui memiliki panjang 145 km dengan 14 stasiun.

“Kehadiran kereta api pertama di Sulawesi ini merupakan wujud nyata pembangunan secara merata di seluruh wilayah, yang dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat,” kata Budi Karya Sumadi.

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan, angkutan massal kereta api adalah angkutan masa depan.

“Setiap kota seyogyanya memiliki moda transportasi massal untuk mengurangi kemacetan,” terangnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *