Kabar Baik! BLT BBM Dicairkan Desember ini, Berikut Cara Cek Nama Penerima

Cara Cek Nama Penerima BLT BBM
Ilustrasi BLT BBM (Foto: Pixabay)

IDENTIK.NEWS — Program Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Republik Indonesia berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM, direncanakan penyalurannya pada Desember 2022 ini.

Seperti diketahui BLT BBM merupakan bantuan pemerintah untuk meringankan beban serta melindungi daya beli masyarakat prasejahtera. Terutama karena dampak kenaikan harga BBM yang mempengaruhi harga secara global.

Dikutip dari laman Kementerian Sosial, BLT BBM disalurkan ke 20,65 juta penerima meliputi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Progam Sembako/BPNT, dan Progam Keluarga Harapan (PKH).

Jumlah bantuan yang diterima per individu sebanyak Rp150 ribu per bulan yang disalurkan selama 4 bulan, September hingga Desember 2022.

Berikut ini cara cek nama penerima di laman resmi Kemensos.

  1.  Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  2.  Jika sudah masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id, maka isi data wilayah penerima manfaat
  3.  Kemudian isi identitas data diri. Pastikan identitas data diri yang dicantumkan sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil.
  4.  Masukkan kode chapta
  5.  Setelah itu, klik ‘Cari Data’ Jika termasuk sebagai penerima manfaat, maka identitas anda akan muncul dalam data yang ditampilkan secara otomatis. Namun jika nama anda tidak tercantum dalam data tersebut, bisa jadi anda tidak memenuhi persyaratan pada jenis bansos yang didaftarkan, atau karena terdaftar sebagai anggota PNS, TNI, dan Polri. (*)
Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *