Berikut 13 Agama Teraneh di Dunia

IDENTIK.NEWS – Agama telah menjadi pondasi peradaban sejak dahulu kala. Agama berfungsi sebagai pusat spiritual dan terus mempengaruhi kehidupan, politik dan masyarakat pada umumnya.

Agama-agama ini tidak dikenal di seluruh dunia tetapi memiliki banyak pengikut di mana pun mereka berada. Agama apa saja? Simak agama teraneh di Dunia, dilansir dari Indiatimes.

1. Nuwaubianisme

Nuwaubians berasal sebagai kelompok Muslim Hitam di New York pada 1970-an, dan telah melalui banyak perubahan sejak itu.

Akhirnya, kelompok tersebut mendirikan kantor pusat di Putnam County, Georgia pada tahun 1993, yang telah mereka tinggalkan.

Pendiri mereka sekarang di penjara setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan pencucian uang dan pelecehan anak. Tapi Nuwaubianisme bertahan.

Orang kulit putih dikatakan dalam satu mitos Nuwaubian, pada awalnya diciptakan sebagai ras pembunuh untuk melayani orang kulit hitam sebagai tentara budak, tetapi rencana ini gagal.

Pengikut percaya bahwa wanita ada selama beberapa generasi sebelum mereka menemukan pria melalui manipulasi genetik.

2. Prince Phillip Movement / Gerakan Pangeran Phillip (PPM)

Pangeran-bupati dan pasangan Yang Mulia Ratu Elizabeth II dapat merasa seperti raja di antara orang-orang di wilayah Yaohnanen di negara bagian Tanna, Vanuatu.

Menurut legenda setempat, putra seorang roh bumi melakukan perjalanan jauh melintasi lautan untuk menikahi seorang wanita yang kuat, dan pria ini suatu hari nanti akan kembali ke pulau itu.

Setelah mengamati bagaimana para pejabat setempat menanggapi dan bereaksi terhadap kunjungan Ratu Elizabeth, para pengikut gerakan itu menduga bahwa suami wanita ini pastilah putra arwah dari legenda-legenda tersebut.

Pengikut PPM merayakan ulang tahun Pangeran pada 10 Juni setiap tahun sebagai festival keagamaan besar-besaran.

3. Raelisme

Claude Vorilhons, seorang pengemudi mobil balap Prancis, memulai Raelisme dan menurunkannya dari nama kehormatan yang diberikan kepada Vorilhons, oleh alien yang menculiknya sebelum mengungkapkan asal usul manusia yang sebenarnya.

Claude (atau Rael, begitu ia dipanggil) dibawa ke planet jauh bernama Elohim oleh alien yang disebutkan di atas, di mana ia cukup terhormat untuk bertemu dengan para filsuf dan pemikir agama besar sepanjang sejarah, termasuk Yesus, Konfusius, Buddha, dan Joseph Smith (pendiri Mormonisme).

Selain mengungkapkan bahwa kehidupan di bumi dimulai ketika manusia diciptakan dari DNA alien 25.000 tahun yang lalu, alien juga memberi tahu Rael bahwa Bumi seharusnya mengharapkan kedatangan mereka di Yerusalem pada tahun 2025.

4. Aghori

Aghori atau Aghouri adalah aliran sesat Hindu yang dianggap telah memisahkan diri dari ordo Kapalika pada abad ke-14 Masehi.

Banyak umat Hindu mengutuk Aghori karena ritual kanibalisme mereka.

Pengikut sekte ini membawa kapala, yaitu cangkir yang terbuat dari tengkorak!, Orang-orang aneh ini akan memakan apa saja mulai dari makanan busuk hingga kotoran hewan.

Untuk mencapai benteng pencerahan tertinggi, Aghori akan melakukan ritual yang sangat kasar.

Finalitas ritual mereka diperoleh dari memakan daging manusia yang membusuk. Akar Aghori berasal dari zaman kuno.

Seorang pertapa Aghori yang bernama Kinaram bertanggung jawab atas ritual dan kepercayaan kultus saat ini. Mereka percaya dia adalah reinkarnasi Dewa Siwa.

5. Panawave / Gelombang Panas

Berbasis di Jepang, kelompok yang sangat aneh ini ketakutan setengah mati dengan kehadiran gelombang elektromagnetik di dunia modern, menyalahkan mereka atas perubahan iklim, perusakan lingkungan dan penyakit duniawi lainnya.

Ini terjadi pada tahun 1994, dan sejak itu telah terjadi beberapa tindakan yang menarik publisitas, seperti percobaan penculikan anjing laut Arktik tahun 2003 yang muncul di sungai Tokyo.

Kelompok itu beralasan bahwa gelombang elektromagnetik adalah penyebab penampilan aneh segel ini, dan mengembalikannya ke Kutub Utara akan mencegah hari kiamat yang akan datang.

6. Universe People / Orang Semesta

Seperti Raelisme, ini adalah agama lain yang diilhami oleh alien. Kelompok Ceko ini, mendasarkan keyakinannya pada komunikasi luar angkasa dengan pendiri Ivo Benda dari tahun 1997 dan seterusnya.

Menurut Ivo Benda, alien memiliki armada kapal yang mengorbit Bumi pada waktu tertentu, dipimpin oleh seorang bernama Ashtar yang mengawasi orang-orang di Bumi, siap untuk mengangkut pengikut yang baik dan setia ke dimensi lain.

Penggemar wisata luar angkasa mungkin merupakan sebagian besar pengikut mereka.

7. The Church Of All Worlds / gereja semua dunia

Agama neo-pagan terbesar di dunia, Gereja Semua Dunia didirikan pada tahun 1962 oleh Oberon Zell-Ravenheart (nama yang bagus!) dan istrinya, Morning Glory (tuan yang baik!).

Mengambil namanya dari Strange in a Strange Land karya Robert Heinlein, para pengikutnya menyembah Bumi itu sendiri dalam bentuk Gaea, serta berbagai macam dewa dari berbagai panteon agama lainnya (kebanyakan Yunani Kuno).

Oberon sebagai kepala Gereja, menggunakan gelar ‘Primata’, sementara pengikutnya dikenal sebagai ‘Kulit Air’.

8. Jediisme

Agama Jedisme Photo : learnreligions

Star Wars menciptakan beberapa penggemar, tetapi sebuah agama mengambil semuanya terlalu jauh.

Kebanyakan orang menyadari prinsip dasar Jedi dari pandangan mereka sendiri tentang film – sisi terang/sisi gelap, kekuatan tak berwujud yang mengikat alam semesta bersama, dan lain-lain.

Tetapi, ada beberapa yang benar-benar mengikuti keyakinan ini dalam kehidupan nyata. Jediisme tidak memiliki organisasi pusat, meskipun ‘Kuil Ordo Jedi’ yang berbasis di Texas telah mengeluarkan kode untuk orang percaya yang disebut ’16 Ajaran Jedi’.

Ini mungkin yang paling aneh, mengingat, mengikat nilai-nilai fiksi dari sebuah serial film serta kepercayaan dari agama-agama Asia seperti Buddhisme dan Taoisme.

9. Creativity Movement / Gerakan Kreativitas

Gerakan Kreativitas adalah organisasi separatis kulit putih yang mengadvokasi ‘Kreativitas’.

Penggunaan istilah pencipta tidak mengacu pada dewa, tetapi lebih kepada pengikut itu sendiri. Gerakan ini ateistik sehingga tidak ada penyebutan dewa dan gereja. Didirikan oleh Ben Klassen pada awal tahun 1973.

Setelah kematian Klassen, ‘Kreativitas’ hampir mati sebagai agama sampai Gereja Baru Sang Pencipta didirikan tiga tahun kemudian oleh Matthew F. Hale sebagai Pontifex Maximus (imam besar), sampai penahanannya pada Januari 2003 karena bersekongkol dengan kepala keamanan gerakan itu, Anthony Evola (seorang informan FBI), untuk membunuh seorang hakim federal.

10. The Bullet Baba’s Motorbike / Sepeda Motor Baba Peluru

Tidak benar-benar agama, tapi ini adalah satu-satunya gerakan spiritual di dunia, di mana penyembahan berhala meluas ke kendaraan.

Penduduk desa Chotila di Rajasthan telah mendirikan sebuah kuil untuk sepeda motor dan pemiliknya yang sudah meninggal, Om Banna, di National Highway-65.

Kuil yang tidak biasa ini, memiliki sepeda motor Royal Enfield 350 cc sebagai dewanya bersama dengan foto Om Banna, yang populer sebagai Bullet Baba, yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas di tempat ini.

Tapi inilah bagian supernaturalnya sehari setelah sepeda motor diamankan polisi, kendaraan itu muncul kembali di lokasi kecelakaan.

Menurut penduduk setempat, itu telah terjadi beberapa kali dan sekarang beberapa orang mengunjungi alas beton di mana sekarang berdiri ditutupi dengan karangan bunga dan benang suci.

Patung tersebut disembah bersama dengan foto pemilik sebelumnya, serta pohon yang berada di dekat lokasi kecelakaan.

11. Aetherius Society / Masyarakat Aetherius

Ini pada dasarnya adalah kombinasi dari sedikit dogma Kristen dengan kepercayaan Hindu, Buddha, dan Yahudi, menggabungkan semuanya dengan dosis ufologi yang sehat (studi tentang UFO dan kehidupan di luar bumi, jika Anda akan mencarinya di Google).

Sekitar 650 anggota Masyarakat Aetherius berusaha untuk mencegah pemusnahan total Bumi. Mereka mengklaim beberapa bencana telah dicegah melalui penggunaan doa dan ‘Baterai Energi Spiritual’, yang menyimpan di dalamnya energi penyembuhan yang dihasilkan oleh kemampuan psikis.

Mereka masih menunggu ‘Guru Berikutnya’, yang tampaknya semacam Mega Yesus, turun dari surga dalam piring terbang dan memiliki kekuatan magis yang besar.

12. Happy Science / Selamat Ilmu

Pengusaha Jepang Ryuho Okawa mendirikan agama tersebut setelah berhenti dari karir di bidang keuangan di New York.

Dalam misi untuk membawa perdamaian dan kebahagiaan ke dunia, ia melakukan ini sebagian dengan menyalurkan semangat dan ajaran berbagai tokoh agama dan nabi.

Menurutnya, Malaikat Jibril akan mendarat di Bumi di masa depan dan di kota Bangkok, dari semua tempat. Jika Gab berhasil, kami pasti akan menerbitkan artikel tentang apa yang bisa dia lakukan di ibu kota Thailand.

13. Church Of Euthanasia / Gereja Eutanasia

Ini lebih merupakan gerakan protes daripada agama yang benar, gereja khusus ini masih menggunakan khotbah sebagai salah satu cara untuk menyebarkan pesannya, yaitu kelebihan penduduk mengharuskan orang mengambil tindakan untuk secara aktif mengurangi jumlah manusia di masa depan.

Sementara kelompok tersebut tidak membenarkan pembunuhan, mereka mempromosikan satu-satunya perintah mereka – “Jangan beranak” – mendorong orang percaya dan orang lain untuk melakukan bunuh diri, aborsi, dan tindakan seksual non-prokreasi.

“Selamatkan Planet, Bunuh Diri”, adalah salah satu slogan mereka yang paling terkenal dan kontroversial.

***

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1465054-13-agama-teraneh-di-dunia-yang-benar-benar-ada?page=all&utm_medium=all-page

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *