Peletakan Batu Pembangunan Asrama Mahasiswa Bolmut di Palu: Menyambut Masa Depan yang Lebih Cerah

Prosesi peletakan batu pembangunan gedung asrama mahasiswa
Prosesi peletakan batu pembangunan gedung asrama mahasiswa (foto: Svg)
PALU – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemkab Bolmut) resmi memulai pembangunan gedung asrama mahasiswa Bolmut di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hal itu ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama pada Jumat (19/04/2024).

Peletakan batu tersebut dilakukan oleh Penjabat Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Habib Sayid Alwi Bin Saggaf Aljufri.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena mengatakan, pembangunan asrama mahasiswa Bolmut tersebut merupakan bagian dari menjawab keluhan dari para mahasiswa serta masyarakat asal Bolmut di Palu.

“Ini merupakan bagian dari menjawab keluhan. Asrama dan gedung serbaguna ini juga, selain sebagai sekretariat mahasiswa Bolmut, dapat dimanfaatkan juga sebagai sekretariat kerukunan masyarakat Bolmut di Kota Palu,” kata Sirajudin.

Keberadaan asrama itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi mahasiswa Bolmut saat studi di Palu. Pembangunan ini diyakini dapat menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi mahasiswa Bolmut dan masyarakat setempat.

 

Habib Sayid Alwi Bin Saggaf Aljufri (kiri) bersama Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena (Kanan)
Habib Sayid Alwi Bin Saggaf Aljufri (kiri) bersama Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena (Kanan)

“Semoga dengan hadirnya Asrama Mahasiswa Bolmut ini, para mahasiswa Bolmut yang menimba ilmu di Palu dapat lebih fokus pada kegiatan akademis dan aktivitas lainnya tanpa khawatir perihal tempat tinggal,” Tuturnya.

Dia mengurai asrama mahasiswa Bolmut tersebut merupakan aset Pemda Bolmut yang telah ada sejak 2009.

“Kemudian dengan terjadinya gempa bumi dan tsunami pada 2018 yang melanda Kota Palu dan sekitarnya, menyebabkan asrama ini rusak berat. Sehingga itu membangun kembali bangunan ini adalah keharusan,” Ungkap Sirajudin.

“Aset pemerintah ini sangat penting dan harus kita jaga, saya titip kepada kerukunan keluarga Bolmut yang ada di Kota Palu, untuk menjaga serta sama-sama mengawal pembangunannya,” Tambahnya.

Pj Bupati Bolmut Bersama Ketua dan Anggota DPRD Bolmut
Pj Bupati Bolmut Bersama Ketua dan Anggota DPRD Bolmut

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra menyatakan dukungan penuh atas diselenggarakannya pembangunan gedung tersebut.

“Kami DPRD Bolmut tentunya mendukung penuh penganggaran pembangunan gedung asrama ini. Hal ini berkaitan juga dengan adanya aset Pemda Bolmut yang telah ada sejak tahun 2009,” Kata Frangky.

Frangky mengatakan, sejak rusak berat akibat bencana pada tahun 2018 silam, penganggaran pembangunan gedung tersebut sudah diwacanakan, namun hal itu tersandung dengan pandemi Covid-19.

“Sehingga, mengakibatkan penganggaran untuk pembangunan gedung ini, tertunda. Nanti pada tahun 2024 ini, kami DPRD Bolmut dan Pemda Bolmut bersepakat menganggarkan pembangunannya,” Jelasnya.

Kepala Dinas PUTR Bolmut Rudini Masuara saat diwawancarai mengurai asrama mahasiswa tersebut akan memiliki berbagai fasilitas.

“Asrama ini akan dibangun dua lantai. Adapun fasilitas di lantai satu, terdiri lima ruang tidur dengan ukuran kamar 4x4m, Geleri (untuk hasil UMKM Bolmut), Guest House (untuk orang bolmut yang berkunjung ke Palu), dapur, tempat cuci, toilet, dan ruang serbaguna. Kemudian fasilitas lantai dua, terdiri dari tujuh kamar tidur 4x4m, dapur dan tempat cuci,” Jelas Rudini.

Lebih lanjut Rudini menerangkan, langgam arsitektur gedung tersebut, mengadopsi Arsitektur Tradisional Bolaang Mongondow Utara, yakni Rumah adat Komaliq.

Sebagai informasi, lokasi gedung asrama mahasiswa Bolmut di Kota Palu tersebut berlokasi di Jalan Tanjung Manimbaya nomor 95, Kelurahan Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *