Disnakertrans Bolmut Taken Kerjasama Program PMI ke Jepang

20 Calon PMI Asal Bolmut Bakal Dibekali

Kepala Disnakertrans Bolmut Abdul Muis Suratinoyo Bersama PT Dewa Aksara Nusantara Menjalin Kerjasama Terkait Program PMI Asal Bolmut ke Jepang
Kepala Disnakertrans Bolmut Abdul Muis Suratinoyo Bersama PT Dewa Aksara Nusantara Menjalin Kerjasama Terkait Program PMI Asal Bolmut ke Jepang
Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya kerjasama antara Disnakertrans Bolmut dengan PT Dewa Aksara Nusantara

NEWS Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), seriusi program pengiriman Pekerja Migran Indonesia atau PMI ke Jepang.

Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya kerjasama antara Disnakertrans Bolmut dengan PT Dewa Aksara Nusantara, Selasa (09/01/2024).

Kerjasama tersebut diketahui menuangkan tentang penyiapan calon PMI asal Bolmut yang akan ke Jepang.

“Kerjasama ini yakni kepada penyiapan PMI asal Bolmut yang akan ke Jepang, dengan peningkatan kualitas calon pekerja migran yang terampil dan profesional,” kata Kepala Disnakertrans Bolmut Abdul Muis Suratinoyo, saat dihubungi via telepon.

Suratinoyo mengatakan, PT Dewa Aksara Nusantara akan bertindak sebagai pembimbing hingga pembekalan terhadap calon pekerja migran Indonesia asal Bolmut.

“Jadi para calon PMI asal Bolmut nanti, akan mengikuti tahapan pembekalan yang langsung ditangani oleh PT Dewa Aksara Nusantara ini. Mulai dari pembelajaran bahasa Jepang hingga Budaya Jepang,” ujarnya.

Baca Juga: 20 PMI Asal Bolmut ke Jepang, Resmi Diberangkatkan

Saat ini, kata dia, Pemkab Bolmut telah menyiapkan 20 orang PMI asal Bolmut yang akan diberangkatkan ke Jepang.

“Tahun 2023 kita ada 20 PMI yang sekarang sudah di Jepang, dan Tahun 2024 ini juga, kita (Pemkab Bolmut) telah menganggarkan untuk 20 orang kuota PMI ke Jepang juga,” Ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan harapannya terhadap program tersebut, bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Bolmut, hingga melahirkan pemuda-pemudi yang mempunyai talenta.

“Harapannya tentu bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Kemudian juga, yang saat ini 20 orang sedang berkerja di Jepang, ketika balik (Bolmut), bisa menciptakan usaha baru hingga menambah lapangan pekerjaan juga,” terang Kepala Disnakertrans Bolmut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *