Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Daerah, Nelson Rapat Bersama Presiden Jokowi

Nelson Pomalingo Bersama Jajaran Pemkab Gorontalo Mengikuti Rapat Bersama Presiden Jokowi Terkait Pengendalian Inflasi Daerah
Nelson Pomalingo Bersama Jajaran Pemkab Gorontalo Mengikuti Rapat Bersama Presiden Jokowi Terkait Pengendalian Inflasi Daerah

IDENTIK.NEWS – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri rapat bersama dengan Presiden Joko Widodo. dalam pertemuan yang juga diikuti seluruh kepala daerah tersebut dilaksanakan secara luring dan daring, Senin, (12/09/2022).

Rapat tersebut diketahui sebagai arahan Presiden jokowi dalam rangka Pengendalian Inflasi di Daerah.

“Tadi, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk tidak ragu dalam mengalokasikan anggaran APBD untuk menyelesaikan persoalan dari penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM),” kata Nelson.

Terlebih sambung Nelson, Pemerintah telah mengeluarkan payung hukum yang jelas melalui Peraturan Menteri Keuangan dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri.

“Tidak perlu ragu-ragu menggunakan anggaran yang ada karena sudah ada Permenkeu dan juga SE dari Mendagri.

“Payung hukumnya sudah jelas asal penggunaannya betul-betul digunakan dalam rangka untuk menyelesaikan persoalan karena penyesuaian harga BBM yang minggu lalu baru disampaikan,” ucap Nelson mengulangi penyampaian Presiden Jokowi pada rapat itu.

Selain itu, arahan Presiden Jokowi meminta Pemda dapat memanfaatkan komponen anggaran lain, yaitu belanja tidak terduga untuk mengendalikan inflasi di daerah masing-masing seperti kenaikan bahan pangan.

“Pada intinya Pemerintah Daerah menekan terjadinya inflasi dan langkah-langkah kongrit menekan inflasi, nanti kita rapat khusus dengan bank Indonesia juga dengan BPS,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *