Wajib Tahu, Lima Gunung Api di Sulut Naik Status ke Waspada

Gunung Api
Gunung Api (Foto: Pixabay)

IDENTIK.NEWS – Lima gunung api di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berstatus waspada (level II), masyarakat yang berada di wilayah ini, wajib tahu.

“Ada delapan gunung api di Sulut yang dipantau,” kata Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana dilansir dari Detikcom.

Devy mengatakan, gunung-gunung api yang berstatus waspada tersebut yaitu Gunung Soputan, Gunung Lokon, Gunung Ruang, Gunung Karangetang dan Gunung Awu.

Sedangkan, tiga gunung berstatus normal yaitu Gunung Ambang, Gunung Mahawu dan Gunung

Devy menjelaskan indikator perubahan status ini karena adanya peningkatan aktivitas vulkanik yang terekam secara visual maupun instrumental (seismik, deformasi dan geokimia). Oleh karena itu, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait hal tersebut.

“Indikator tingkat aktivitas gunung api adalah hasil evaluasi pemantauan secara visual dan instrumental,” jelasnya.

Karena itu dia berharap masyarakat mematuhi rekomendasi-rekomendasi yang diberikan untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan.

Dia berharap masyarakat tetap waspada, dan berhati-hati.

“Ini karena secara periodik status gunung api akan mengalami perubahan status seiring perubahan aktivitas gunung api,” lanjutnya.

Ia juga menyarankan masyarakat bisa memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Masyarakat bisa dapat mengecek status dan rekomendasi gunung api di sekitarnya melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diakses di Google Playstore dan website magma.esdm.go.id,” imbuhnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *