Verifikasi KLA di Bolmut Tengah Berlangsung

Verifikasi Kabupaten Layak Anak di Bolmut secara Hybrid oleh Kementrian PPPA
Verifikasi KLA di Bolmut secara Hybrid oleh Kementerian PPPA (Foto: Prokopim)

IDENTIK.NEWS – Verifikasi lapangan terkait kabupaten layak anak (KLA) Tahun 2022 oleh kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia di kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), tengah berlangsung kemarin, Jumat (10/6/2022).

Kabupaten Bolmut sendiri diketahui merupakan salah satu dari sembilan kabupaten di Sulawesi Utara yang telah memenuhi syarat verifikasi lapangan kategori kabupaten layak anak.

Hal ini menyusul, kabupaten Bolmut telah memenuhi syarat administrasi sebagai kabupaten layak anak kategori Pratama.

“Ucapan terimakasih kepada Kementerian PPPA RI khususnya Deputi bidang pemenuhan hak anak yang telah memilih Bolmut sebagai salah satu kabupaten, calon penerima penghargaan sebagai KLA tahun 2022 di provinsi Sulut,” ucap Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena saat memberikan sambutan pada penilaian tersebut.

Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena saat memberikan sambutan pada penilaian KLA
Wabup Amin Lasena saat memberikan sambutan di penilaian KLA (Foto: Prokopim)

Selain itu, Wabup juga mengungkapkan kabupaten Bolmut telah menempatkan kebijakan pemenuhan hak dan perlindungan anak, menjadi perhatian khusus.

“Yakni, sejak ditetapkannya SK Bupati Bolmut nomor 40 Tahun 2022 tentang, pembentukan forum anak daerah di kabupaten Bolmut, yang selanjutnya disempurnakan dengan ditetapkannya Perda nomor 2 Tahun 2022 tentang Kabupaten Layak Anak,” terang Wabup Amin Lasena.

Sebelumnya, Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama mengurai, hasil penilaian verifikasi administrasi KLA, kabupaten Bolmut mendapatkan skor 765 poin.

Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama
Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama

“Sementara standar penilaian sebagai KLA dengan predikat Pratama, nilainya yakni 500 sampai 600 Poin. Bolmut telah terpenuhi dengan Poin 765,” kata Yani Lasama.

Demikian dikatakannya, verifikasi administrasi akan ditindaklanjuti oleh tim verifikasi pusat yakni kementrian PPPA dengan memverifikasi lapangan atau secara hybrid untuk pemenuhan data hingga dokumen terkait penilaian tersebut.

Penilaian itu diketahui dilakukan secara zoom meeting yang disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Agustina Erni, serta pimpinan OPD di Bolmut.

Verifikasi Kabupaten Layak Anak di Bolmut oleh Kementrian PPPA Tahun 2022
Verifikasi Kabupaten Layak Anak di Bolmut oleh Kementrian PPPA Tahun 2022

(Advetorial)

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *