Sirajudin Lasena Singgung Pentingnya Kesiapan Bolmut Manfaatkan Keberadaan IKN

Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyampaikan sambutannya di pembukaan Musrenbang Kabupaten
Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyampaikan sambutannya di pembukaan Musrenbang Kabupaten (foto: Rahmat Tegila)
BOLMUT – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena menyinggung pentingnya kesiapan Kabupaten Bolmut untuk berperan menopang Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Kita mesti memulai dari sekarang, terkait bagaimana tantangan Bolmut terhadap IKN yang saat ini tengah dalam pembangunan. Kebutuhan apa yang akan kita siapkan dari Bolmut,” kata Sirajudin.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Bolmut, Senin (25/03/2024).

Menurutnya, jika Kabupaten Bolmut mengambil peluang sebagai salah satu Kabupaten yang memanfaatkan keberadaan Ibu Kota Nusantara, memiliki peluang dalam meningkatkan ekonomi daerah.

“Ini bisa jadi peluang dan sekaligus tantangan bagi kita (Bolmut). Kalau kita ingin bersaing dengan daerah lain dalam mengambil peran terhadap keberadaan IKN, maka kita harus bersiap dari sekarang,” ungkap Sirajudin.

Bolmut memiliki potensi ekonomi yang besar, baik dari sektor pertanian, pengolahan ikan, pariwisata, dan sektor lainnya.

Di sektor pertanian, Bolmut memiliki sumber daya alam yang jika diolah dengan baik, bisa menjadi penghasil bahan pertanian terbesar di Sulawesi Utara. Sementara di sektor pengolahan ikan, Bolmut sendiri merupakan wilayah pesisir yang sebagian besar masyarakatnya selain bertani, juga nelayan.

“Tentu jika hal ini digarap sebaik mungkin, nanti akan memiliki dampak positif bagi perekonomian daerah kita, juga Indonesia. Pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat, banyak lapangan kerja tersedia, dan kemajuan infrastruktur akan terus berlanjut,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sirajudin mengurai sumber pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bolmut, mesti diciptakan dari daerah sendiri. Hal ini juga kata dia, harus memanfaatkan keberadaan wilayah lain, termasuk IKN.

“Sebagaimana tema pembangunan kita yakni pemulihan ekonomi. Untuk itu, diperlukan sinergitas kita semua dalam menggali setiap potensi yang ada,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *