Sirajudin Lasena Dorong Percepatan Realisasi Dana Desa 2024 di Bolmut

Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyampaikan sambutannya di forum perangkat daerah
Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyampaikan sambutannya di forum perangkat daerah (foto: Rahmat Tegila)
BOLMUT – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena mendorong kepada satuan perangkat kerja daerah atau SKPD terkait, untuk mempercepat realisasi anggaran Dana Desa di Kabupaten Bolmut Tahun 2024 ini.

Hal itu disampaikannya usai menyampaikan sambutan di forum perangkat daerah dalam rangka menyusun RKPD Bolmut Tahun 2025, Senin (18/03/2024).

“Saya minta, realisasi anggaran dana desa dipercepat. Karena kalau bicara perputaran ekonomi daerah, tentu desa wilayah yang paling utama. Untuk itu saya minta segera ditindaklanjuti,” kata Sirajudin.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Bolmut itu pun menegaskan, realisasi anggaran dana desa, agar dapat tersalurkan sebelum lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah nanti.

“Di dana desa itu, ada juga Bantuan Langsung Tunai atau BLT. Tentu ini kalau sudah terealisasi, dapat membantu masyarakat. Jadi usahakan sebelum lebaran sudah harus terealisasi,” pintanya.

Sementara itu, dikonfirmasi hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolmut, melalui kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yudi Lauma mengatakan, saat ini tercatat sudah 46 Desa yang telah terealisasi dana desanya.

“Dari 106 Desa, saat ini 46 Desa yang sudah cair dana desa. Sementara itu 20 Desa tengah berproses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN di Kotamobagu,” ungkap Yudi.

Selanjutnya kata dia, 40 Desa lainnya juga, tengah berproses menyelesaikan prosedurnya untuk realisasi dana desa.

“Sisanya 40 desa, juga sementara dalam proses,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *