NEWS  

Sejumlah Infrastruktur Jalan di Bolmut Rusak Berat

Kondisi Jalan di Desa Bigo Selatan
Kondisi Jalan di Desa Bigo Selatan
BOLMUT – Sejumlah Infrastruktur jalan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengalami kerusakan berat. Hal itu sebagaimana pantauan identik.news pada Senin (22/01/2024).

Beberapa jalan yang terpantau mengalami kerusakan berat diantaranya, ruas jalan Desa Bigo Selatan, kecamatan Kaidipang, hingga jalan di kompleks perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut.

Akses penghubung antar masyarakat Kaidipang pada umumnya itu, selayaknya perlu mendapatkan perhatian dari Pemda Bolmut.

Terlebih di wilayah perkantoran, hal ini selain mempermudah jalannya proses pemerintahan, juga merupakan icon di Kabupaten Bolmut.

Disisi Desa Bigo Selatan, pantauan identik.news pada Selasa (23/01/2024), sebagian besar jalanan dipenuhi oleh lubang yang digenangi air hujan. Masyarakat yang melintasi jalan tersebut pun, harus dengan penuh hati-hati.

Sangadi (kepala desa) Bigo Selatan Yusman Hunowu saat bersua awak media mengungkapkan harapannya terhadap perbaikan jalan tersebut. Yusman mengatakan, jalan utama di Desa Bigo Selatan itu perlu mendapatkan perhatian.

“Pada prinsipnya kami pemerintah desa yang juga mewakili masyarakat Bigo Selatan, tentu sangat berkeinginan, (perbaikan jalan) bisa difasilitasi oleh Pemda Bolmut,” kata Yusman.

Menurutnya, selain akses yang mempermudah kegiatan masyarakat, jalan tersebut juga merupakan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

“Kalau ini bisa difasilitasi, tentu ujungnya ada pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR Bolmut Rudini Masuara saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Rudini mengatakan, saat ini Pemda Bolmut tengah mengusulkan penanganan atau perbaikan jalan tersebut.

“Terkait jalan di Desa Bigo Selatan itu, kami (Pemda Bolmut) telah diusulkan untuk peningkatan kapasitas ruas jalan. Hal ini juga sebelumnya sudah kami pantau langsung di lapangan (Desa Bigo Selatan),” kata Rudini.

Dia menerangkan, telah mengusulkan penanganan ruas jalan Desa Bigo hingga Bigo Selatan.

“Tahun 2024 ini, terdapat sedikitnya lima usulan program infrastruktur jalan yang disampaikan Dinas PUTR Bolmut ke Pemerintah Pusat, salah satunya yakni pembangunan ruas jalan Desa Bigo – Bigo Selatan,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menyebut telah mengusulkan ruas jalan perkantoran di kawasan Ibu Kota Boroko.

“Semua itu sudah kami dari Dinas PUTR cek langsung di lapangan, bahwa ini perlu ditangani. Dan hal ini pun sudah kami usulkan ke pemerintah pusat,” ungkapnya.

Ia menyebut pihak Pemda Bolmut telah mengusulkan hal itu untuk dapat diakomodir penganggarannya melalui Instruksi Presiden (Inpres) tahun 2024.

Kondisi Jalan di Kompleks Perkantoran Pemkab Bolmut
Kondisi Jalan di Kompleks Perkantoran Pemkab Bolmut

“Termasuk juga jalan perkantoran. Karena ini sudah dibangun sejak tahun 2013 silam, sudah 11 tahun. Tentu sudah selayaknya mendapatkan perhatian. Dengan begitu, kami (Pemda Bolmut) telah mengusulkan peningkatan kapasitasnya dalam penganggaran lewat Inpres Tahun 2024 ini,” sebutnya.

Lebih lanjut, Rudini mengatakan secara administrasi, usulan tersebut telah proses di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara (Sulut).

“Namun begitu, akan diverifikasi lagi di Kementerian PUPR. Mudah-mudahan usulan ini berjalan lancar, karena tentu ini merupakan harapan masyarakat Bolmut”, harapnya.

Adapun lima ruas jalan yang diusulkan untuk perbaikan yakni;

  • Ruas jalan Desa Tombulang Pantai – Tombulang Timur
  • Ruas jalan Desa Bohabak I – Binjeita – Binuni
  • Ruas jalan Desa Bigo – Bigo Selatan
  • Ruas jalan perkantoran I
  • Ruas jalan perkantoran II

Ditempat terpisah, Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat dimintai tanggapannya, ikut mengamini hal tersebut.

Sirajudin mengatakan, harapan terhadap beberapa usulan peningkatan kapasitas jalan tersebut dapat diterima.

“Kami Pemda Bolmut berharap usulan itu bisa goal. Sehingga beberapa akses jalan yang mengalami rusak berat itu bisa segera tertangani,” terangnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *