Sebanyak 205 Pasien Periode Januari-Juli 2022 Ditangani PSC 119 Bolmut

Sofyan Mokoginta, Kabid Yankes/PSC 119 Dinkes Bolmut
Sofyan Mokoginta, Kabid Yankes Dinkes Bolmut

IDENTIK.NEWS – Sebanyak 205 pasien yang dilayani oleh Publik Safety Centre (PSC) 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Bolmut sepanjang periode Januari hingga Juli tahun 2022.

Hal ini disampaikan oleh pihak Dinkes kabupaten Bolmut melalui Kepala Bidang (Kabid) Yankes Sofyan Mokoginta, kepada identik.news, Jumat (29/07/2022).

“205 yang dilayani oleh PSC sepanjang Januari hingga Juli 2022, baik yang ditangani ditempat pasien sendiri, dan yang dirujuk ke Puskesmas atau RSUD,” kata Sofyan.

Sofyan menerangkan kehadiran PSC 119 di Bolmut merupakan inovasi Pemerintah Daerah (Pemda) yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Masih banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama orang yang tidak mampu mengakses Puskemas atau RSUD karena jarak. Sehingga kehadiran PSC ini menejemput bola, hanya dengan melakukan panggilan via telepon, langsung didatangi oleh tim PSC,” ujarnya.

Meski begitu, ia menuturkan, PSC 119 juga perlu dikembangkan, baik dari segi fasilitasnya hingga tenaga kesehatannya.

“Fasilitas pelayanan, dalam arti membuka jaringan PSC di kecamatan yang diluar jangkauan PSC 119, karena jangkauan PSC sendiri, hanya terbatas di tiga kecamatan terdekat, yakni kecamatan Kaidipang, Bolangitang Barat dan Pinogaluman,” tuturnya.

Mengawali hal tersebut, dalam waktu dekat, ia berencana akan membentuk tim yang akan melayani di kecamatan Sangkub, Bintauna hingga kecamatan Bolangitang Timur.

“Sekitar bulan Agustus, satu tim dari PSC yang berjumlah enam orang termasuk dokter bersama armada, akan ditugaskan di Kecamatan Sangkub, Bintauna, dan Bolangitang Timur,” katanya.

Hal ini dikatakannya, dengan harapan dari kegiatan tersebut, mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Sehingga masyarakat bisa mendapatkan fasilitas atau pelayanan dari Nakes yang telah ditugaskan, bagi masyarakat yang sakit, ada nomor telvon yang kami sediakan untuk dihubungi, adapun nomor yang telah disediakan yakni 085394953119,” jelasnya. (Svg)

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *