Raker Komisi I DPRD Bolmut, Dorong Sejumlah Program Pelayanan Dasar

IDENTIK.NEWS — Pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bersama mitra kerja, mendorong sejumlah program pelayanan dasar dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja.

Sejumlah program itu disampaikan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Bolmut, Budi Setiawan Kohongia, serta anggota lainnya, Mardan Umar dan Husen Yahya Suit Pontoh, Selasa (28/02/2023) kemarin.

Raker tersebut melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta BKPP Bolmut.

Raker komisi I DPRD Bolmut dorong sejumlah program pelayanan dasar
Raker Komisi I DPRD Bolmut dorong sejumlah program pelayanan dasar

“Sebagai bagian dari mitra kerja, tentu fungsi pengawasan, melekat juga di kita DPRD Bolmut, untuk itu segala program dari masing-masing OPD, wajib kita bahas bersama,” ucap Budi Setiawan Kohongia selaku pimpinan rapat.

Pria yang akrab disapa Aris ini mendorong, setiap OPD memaksimalkan program pelayanan dasar. Ia menerangkan mulai dari Disdikbud, untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri.

Sementara untuk Dinas PMD, ia meminta agar pemaksimalan BUMDes, terus digenjot dengan cara meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes dimasing-masing Desa.

“Bila perlu dibuatkan pelatihannya, agar benar-benar pengurus BUMDes, faham dan kreatif dalam mengelola anggarannya,” ucapnya.

“Ini juga merupakan bagian dari cara meningkatkan pendapatan di setiap Desa di Bolmut,” sambungnya.

Demikian juga yang disampaikan oleh Husen Yahya Suit Pontoh. Ia memfokuskan kepada Disdikbud, untuk mengurangi program pekerjaan fisik.

Mitra Kerja Komisi I DPRD Bolmut
Mitra Kerja Komisi I DPRD Bolmut

“Jangan anggaran programnya terkuras disitu saja, sementara untuk peningkatan mutu pendidikan, kurang,” sebutnya.

Meski begitu Suit menerangkan, program pekerjaan fisik bukan berarti tidak penting, namun sebaiknya kata dia, diseimbangkan dengan peningkatan mutu pendidikan sendiri.

“DPRD Bolmut pada intinya selalu mendukung setiap program untuk kemajuan daerah ini. Terlebih pelayanan dasar seperti pendidikan, pastinya kita dukung full,” terangnya.

Senada dengan hal itu, Mardan Umar meminta kepada Disnakertrans agar memanfaatkan sumberdaya yang ada dalam hal kerjasama meningkatkan kapasitas SDM pekerja di Bolmut.

Mardan mengatakan, peningkatan kapasitas itu, bisa dicapai dalam bentuk pelatihan yang juga bisa melibatkan Serikat Buru Sejahtera Indonesia (SBSI).

“Silahkan gandeng SBSI dalam pelatihannya, agar SDM pekerja kita lebih akuntabel dan bermutu,” jelasnya.

Raker Komisi I DPRD Bolmut
Raker Komisi I DPRD Bolmut

Dorongan Komisi I tersebut pun, mendapat respon positif dari setiap OPD. Masing-masing menyebutkan akan menyesuaikan dengan hal itu. (Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *