Raih Penghargaan Penyelenggaraan KKS, Ali Dumbela: Kerja Keras Lintas Sektor

Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyerahkan piagam penghargaan terkait penyelenggaraan KKS di Bolmut kepada Kadis Kesehatan Ali Dumbela
Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena saat menyerahkan piagam penghargaan terkait penyelenggaraan KKS di Bolmut kepada Kadis Kesehatan Ali Dumbela
BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tahun 2023.

Sebagimana Keputusan Menkes RI Nomor: HK.01.07/Menkes/2087/2023, Pemkab Bolmut meraih penganugerahan KKS kategori Padapa.

Piagam tersebut secara resmi diberikan Pj Bupati Bolmut Sirajudin Lasena kepada Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, Ali Dumbela, saat gelaran apel perdana pasca libur tahun baru 2024, Kamis (04/01).

Pj Bupati Bolmut, Sirajudin Lasena lantas memberi apresiasi atas upaya seluruh elemen sehingga Kabupaten Bolmut berhasil memperoleh pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Pusat dalam kategori Kabupaten Sehat.

Diwawancarai terpisah, Kadinkes Bolmut Ali Dumbela menerangkan, penghargaan itu merupakan kerja kerasa lintas sektor.

“Alhamdulillah, tahun 2023, Kabupaten Bolmut mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat dengan kategori Swasti Saba Padapa. Tentu ini merupakan kerja keras dari lintas sektor,” ujar Ali.

Dikatakannya, penilaian penyelenggaraan KKS itu meliputi sembilan kategori. Hal ini melibatkan lintas SKPD yang ada di Kabupaten Bolmut.

Adapun sembilan tatanan penilaian dalam KKS itu diantaranya:

  1. Kehidupan masyarakat yang sehat mandiri
  2. Permukiman dan Rumah Ibadah
  3. Pasar Rakyat Sehat
  4. Satuan Pendidikan
  5. ⁠Pariwisata
  6. ⁠Transportasi dan tertib lalu lintas jalan
  7. Perkantoran dan Perindustrian
  8. Perlindungan Sosial
  9. ⁠Pencegahan dan penanganan bencana

Sebelumnya, Ali Dumbela mengungkap, Kabupaten Bolmut telah memperoleh penghargaan KKS dalam semua tingkatan, baik itu Padapa, Wiwerda maupun Wistara.

“Namun untuk tahun 2023, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya penghargaan hanya meliputi dua sampai empat tatanan penilaian, atau bahkan terkahir kita mendapatkan wistara dengan enam tatanan. Nah tahun 2023 ini, kita mendapatkan penghargaan Padapa dengan sembilan tatanan sekaligus”, ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, penghargaan tahun 2023 merupakan suatu capaian baik bagi Kabupaten Bolmut, sebab telah mampu memenuhi target sembilan tatanan dalam penilaian.

“Ini kemudian menjadi PR bagi kami untuk tetap meningkatkan penyelenggaraan kabupaten/kota sehat di Kabupaten Bolmut ini, sehingga kategori wiwerda maupun wistara, dapat disabet oleh Pemkab Bolmut,” terangnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *