Prosesi Adat Mopohabaru di Bolmut, Sambut Idul Adha 1444 Hijriah

Prosesi adat Mopohabaru dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 Hijriah
Prosesi adat Mopohabaru dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 Hijriah
IDENTIK NEWS – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, seperti biasanya di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melaksanakan prosesi adat Mopohabaru.

Prosesi adat Mopohabaru atau memberi kabar, dilaksanakan oleh pelaksana adat untuk memberitahukan kepada Bupati, tentang pelaksanaan hari-hari besar seperti Idul Adha, Idul Fitri, dan Bulan Suci Ramadhan.

Bupati yang dalam bahasa adatnya disebut Ki Doni Pangulu, menyambut para pelaksana adat di kediamannya.

Pada proses Mopohabaru kali ini, dilaksanakan dalam rangka menyambut Idul Adha 1444 H. Dimana, berdasarkan tanggal kalender, Idul Adha jatuh pada 29 Juni 2023.

Meski begitu, hal tersebut akan ditindaklanjuti dengan sidang isbath oleh Kementerian Agama RI.

Di prosesi adat Mopohabaru, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan, pelaksanaan sholat ID Idul Adha akan dilaksanakan di Lapangan Kembar Boroko, Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut.

Depri berharap, seluruh panitia atau stakeholder terkait pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H, ini untuk saling berkoordinasi, agar pelaksanaan Sholat Idul Adha ini berjalan dengan baik dan penuh hikmah.

“Selalu menjaga keamanan dan kebersamaan antar sesama, persatuan dan kesatuan, guna untuk mewujudkan kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang mandiri, berbudaya dan berdaya saing,” terang Depri.

Prosesi adat Mopohabaru di kediaman Bupati Bolmut Depri Pontoh
Prosesi adat Mopohabaru di kediaman Bupati Bolmut Depri Pontoh
Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *