Saling Kejar, Ini Perolehan Suara Sementara Caleg DPR RI Dapil Sulut

Perolehan Suara Sementara Caleg DPR RI Dapil Sulut
Perolehan Suara Sementara Caleg DPR RI Dapil Sulut (foto: istimewa)
SULUT – Hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara Tahun 2024 hampir rampung. Dari real count KPU, perolehan suara masing-masing Partai Politik, saling kejar.

Pantauan identik.news pada Minggu 25 Februari 2024, real count KPU sudah berada di angka 68,35 persen atau 5.632 dari 8.240 TPS.

Perolehan sementara, PDI Perjuangan unggul jauh dari Parpol lainnya. Jumlah suara yang tercatat 290.112, hampir memastikan partai berlambang moncong putih itu mengunci dua kursi dari enam kursi DPR RI di Sulut.

Adapun Calon Legislatif (Caleg) yang meraup suara terbanyak di internal PDI Perjuangan, yakni Rio Dondokambey. Putra sulung Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini, meraup suara pribadi 106.865.

Sementara di pembagi kursi kedua, ada mantan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepardjo Mokoagow dengan perolehan suara 52.805.

Setelah moncong putih, Partai Demokrat mencatatkan posisi kedua perolehan suara sementara Pileg DPR RI Dapil Sulut 2024.

Di bawah komando Elly Engelbert Lasut, Demokrat di Sulut hampir dipastikan berhasil mengunci satu kursi DPR RI, sebagaimana sebelumnya di Pileg 2019 nol kursi.

Perolehan suara sementara Hillary Brigitta Lasut, memecah rekor terbaik partai Demokrat di Sulut. Hillary Lasut bahkan peraih suara terbanyak Caleg DPR RI Dapil Sulut berdasarkan real count KPU sementara.

Dimana, putri Elly Lasut itu berhasil meraup suara pribadi 164.553. Suara itu membawa Demokrat di Sulut mengunci satu kursi DPR RI.

Posisi selanjutnya, diisi oleh Partai Golkar dengan perolehan suara sementara 114.797.

Dibawah komando Christiany Eugenia Paruntu dan Jerry Sambuaga Cs, partai berlogo pohon beringin itu di hitungan sementara, berhasil mengunci satu kursi.

Keduanya, baik Christiany Eugenia Paruntu dan Jerry Sambuaga, masih saling kejar perolehan suara. Namun begitu, mantan Bupati Minahasa Selatan itu masing mengungguli sementara, dengan perbedaan suara hanya di angka ratusan saja.

Lalu di posisi selanjutnya, ada Partai NasDem. Perolehan suara keseluruhan 96.464, partai besutan Surya Paloh itu mengunci satu kursi DPR RI.

Posisi perolehan suara sementara di internal NasDem, diungguli oleh Tatong Bara. Mantan Walikota Kotamobagu itu, unggul sementara dari kawan-kawannya di partai NasDem.

Selanjutnya, ada partai Gerindra, dengan perolehan suara sementara 66.607. partai besutan Prabowo Subianto itu, hampir dipastikan mengunci kursi ke enam DPR RI Dapil Sulut.

Berikut ini posisi sementara 6 kursi DPR RI berdasarkan hitungan menggunakan metode Sainte Lague

Dari hitungan sementara, posisi kursi DPR RI Dapil Sulut, secara umum dimulai dari perolehan masing-masing Partai Politik.

Dengan menggunakan hitungan metode Sainte Lague, PDI Perjuangan posisi sementara, mengunci dua kursi. Dimana, dari perolehan suara 290.112 di bagi tiga, mendapatkan jumlah 96,704.

Adapun Demokrat, Golkar, NasDem, dan Gerindra, masing-masing mengamankan satu kursi.

Pembagian kursi DPR RI Dapil Sulut dari perolehan suara sementara berdasarkan real count KPU (foto: istimewa)
Pembagian kursi DPR RI Dapil Sulut dari perolehan suara sementara berdasarkan real count KPU (foto: istimewa)

Penting diketahui, hasil tersebut belum merupakan hasil akhir. Hasil tersebut merupakan hitungan yang didasarkan pada real count KPU yang baru di posisi 68,35 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *