Peringatan HUT Bolangitang Ke-230: Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pendahulu

Sekda Bolmut (Kanan), Camat Bolangitang Barat (Tengah), Anggota DPRD Bolmut (Kiri) saat Upacara Peringatan HUT Bolangitang ke-230
IDENTIK.NEWS – Pemerintah Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT Bolangitang ke-230 Tahun.

Bertempat di lapangan sogi Bolangitang, upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Jusnan Calamento Mokoginta, Selasa (21/11/2023).

Dalam sambutannya, Jusnan Mokoginta mengatakan proses lahirnya Bolangitang, merupakan catatan sejarah yang panjang dan perlu ditandai sebagai hari spesial.

“Mengacu pada lahirnya Kerajaan Bolangitang pada 21 November Tahun 1973 dan awal mulainya pemerintahan Kerajaan Bolangitang, sehingga tanggal ini ditandai dengan lahirnya negeri Bolangitang,” ucap Jusnan.

Dua ratus tiga puluh tahun, kata Jusnan, adalah rentang perjalanan yang panjang penuh romantika dan dinamika sejarah.

“Peringatan hari lahir ini pun, mari kita gunakan sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian yang kita raih saat ini, adalah berkat kerja keras pendahulu kita,” ungkap Jusnan.

Ia pun berharap, peringatan HUT Ke-230 itu dapat dijadikan sebagai motivasi dan inspirasi untuk mengisi kembali setiap perjuangan kehidupan di wilayah Bolangitang dengan karya dan prestasi.

Ditempat yang sama, Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh saat diwawancarai mengungkap, pelaksanaan upacara HUT Bolangitang, baru kali ini digelar.

“Ini pertama kalinya di gelar Upacara HUT Bolangitang. Semoga ini bisa dilanjutkan di masa-masa yang akan datang,” ucapnya.

Kamil menerangkan, perjalanan kepemimpinan di Bolangitang, berawal dari Raja, hingga sekarang Camat.

“Dulunya Raja sebagai pemimpin. Kemudian, perjalan waktu menjadi Kepala Distrik, setelah itu disebut Asisten Wedana (AW) dan terakhir sekarang Camat,” terangnya.

Seiring dengan perjalanan waktu dan bertambahnya penduduk di wilayah Bolangitang, kata Kamil, Bolangitang yang sebelumnya merupakan satu kecamatan, kini dibagi menjadi dua kecamatan.

“Dimekarkan menjadi dua Kecamatan, yakni Bolangitang Barat dan Bolangitang Timur. Tentunya hal ini guna mendekatkan pelayanan masyarakat serta untuk percepatan pembangunan di daerah (Bolmut),” urainya.

Ia pun berharap, di HUT Bolangitang ke-230 itu, Negeri Bolangitang terus berkembang maju, dan masyarakatnya sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *