NEWS  

Perekaman e-KTP Pemilih Pemula di Disdukcapil Bolmut Signifikan Capai Ribuan

Pelayanan di Disdukcapil Bolmut
Pelayanan di Disdukcapil Bolmut
BOLMUT – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), tercatat merupakan dinas dengan target perekaman e-KTP terhadap pemilih pemula teratas dari 15 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara (Sulut).

Disdukcapil Kabupaten Bolmut secara signifikan berhasil menggenjot perekaman e-KTP bagi masyarakat yang sudah berhak memiliki KTP atau sudah berumur 17 Tahun keatas.

Kepala Disdukcapil Bolmut, Samidin Korompot saat bersua media ini mengungkap, sepanjang 2023 hingga Desember, pihaknya telah menuntaskan target perekaman e-KTP pemilih pemula paling teratas di Sulut.

“Dimana capaian Disdukcapil Bolmut, tinggal 1,65%, atau 1061 orang, berdasarkan data laporan hingga Desember 2023,” kata Samidin Korompot, Rabu (17/01/2024).

Sementara berdasarkan laporan data per 15 Januari 2024, Samidin mengurai, Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4, mencapai 2215 orang.

“Data DP4 pemula yang sudah merekam (e-KTP) per 15 Januari 2024, sebanyak 2215 orang. Sementara yang belum merekam masih 759 orang,” urainya.

Dia pun menerangkan, saat ini Disdukcapil terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang berkebutuhan melakukan perekaman e-KTP serta pencatatan sipil lainnya.

“Alhamdulillah, meski dengan keterbatasan yang ada, kami di Dinas setiap harinya melayani 60 hingga 70 orang. Namun, untuk mencetak blangko e-KTP, di kami hanya bisa 25 sampai 30 blangko perharinya. Hal ini dikarenakan mesin cetak kita yang masih versi lama,” tuturnya.

Ditanya terkait trend pindah KTP menjelang Pemilu 2024 ini, Samidin mengatakan masih diangka normal.

“Kebanyakan yang dari luar, kerja, tapi aslinya memang Bolmut. Kalau pindah antar Kecamatan, rata-rata hanya ikut suami atau istri,” jelasnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *