Pencanangan GEMAPATAS BPN Bolmut, Edukasi Pemasangan Batas Lahan

Kakan BPN Bolmut Jamaluddin Saat Memberi Sambutan di Pencanangan GEMAPATAS
Kakan BPN Bolmut, Dr. H. Jamaluddin, SH., MH

Identik.News — Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar pencananganan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) lahan.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Kopi Kecamatan Bintauna tersebut, dihadiri oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, Jumat (03/02/2023).

Kepala Kantor (Kakan) BPN Bolmut, Dr. H. Jamaluddin, SH., MH menyampaikan pencanangan GEMAPATAS merupakan kegiatan Serentak Nasional yang dipusatkan di Cilacap.

“Adapun tujuan GEMAPATAS ini memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memasang tanda batas pada tanah/lahan yang dimilikinya,” ungkap Jamaluddin.

Jamaluddin juga menerangkan sebanyak 1 juta patok akan dipasang secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini Jumat, 3 Februari 2023.

“Pemasangan patok tanda batas lahan itu merupakan kewajiban masyarakat sebelum mendaftarkan lahannya.

Hal itu agar saat petugas pengukuran akan mengukur batas tanahnya dapat lebih mudah dan cepat,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan ungkapan terimakasih kepada Pemkab Bolmut yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh dikesempatan tersebut ikut memberi himbauan kepada masyarakat agar dapat berkoordinasi dengan pihak lain terkait pemasangan batas lahan.

Hal tersebut untuk mencegah kesalahpahaman yang berimbas timbulnya konflik antara sesama masyarakat.

“Karena tugas pemerintah adalah untuk menjaga hak milik rakyat,” ucap Depri.

Disisi lain, Depri berharap BPN Bolmut mengupayakan lahan masyarakat Bolmut bisa berbadan hukum atau memiliki sertifikat tanah yang sah. (Svg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *