Penanaman Mangrove di Nunuka Bolmut, Hidayat: Pentingnya Menjaga Lingkungan

Penanaman Mangrove di Pantai Desa Nunuka Bolmut

Identik.News — Sebagai upaya menjaga lingkungan, Koramil Bolangitang menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), melaksanakan penanaman Mangrove.

Penanaman Mangrove tersebut dilaksanakan di pantai Desa Nunuka Kecamatan Bolangitang Timur, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bolmut, Mohammad Hidayat Panigoro, Kamis (16/02/2023).

Kepada media ini, Hidayat mengatakan, penanaman Mangrove itu merupakan bagian dari komitmen untuk menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya hutan mangrove di Bolmut.

“Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya agar lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua,” ujar Hidayat yang mewakili Bupati Bolmut.

Menurutnya, hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang

Selain itu, dengan diadakannya penanaman mangrove, katanya, secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat.

“Betapa pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut,” sebutnya.

Sisi lain, Hidayat menerangkan, salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan.

“Tumbuhan Mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

“Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam,” jelasnya.

Terpantau, hadir dalam penanaman Mangrove tersebut, Komandan Koramil Bolangitang Iskandar Mardani, beserta jajaran Koramil Bolangitang.

Camat Bolangitang Timur, Serta, Kapolsek dan jajaran Polsek Bolangitang. (Svg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *