Pemda Bolmut Matangkan Kesiapan Verifikasi KLA

Sekda Bolmut Jusnan Calamento Mokoginta saat memimpin rapat persiapan Verifikasi KLA
Sekda Bolmut Jusnan Calamento Mokoginta saat memimpin rapat persiapan Verifikasi KLA

IDENTIK.NEWS – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut matangkan kesiapan verifikasi Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh tim Verifikasi Pusat. Diketahui Verifikasi lapangan tersebut akan dilaksanakan besok, Jumat (10/6/2022).

Menghadapi Verifikasi tersebut, Pemda bergegas melaksanakan rapat kesiapannya. Rapat tersebut dipimpin oleh Sekda Bolmut Jusnan C Mokoginta, Rabu (9/6/2022).

Jusnan menyampaikan dalam rapat yang dilaksanakan di ruang Sekda tersebut pokok utama pembahasan yakni persoalan dokumen-dokumen pendukung pada saat penilaian proses verifikasi.

“Intinya pada rapat ini kita melakukan kroscek pada dokumen-dokumen yang telah kita kirimkan kemarin saat mengikuti proses verifikasi administrasi. Mana yang masih kurang dan mana dokumen-dokumen yang ada dalam klaster penilaian namun belum sempat ter-upload,” ujar Jusnan saat diwawancarai.

Ia kemudian mengatakanbuntuk mempertahankan nilai pada hasil verifikasi administrasi atau meningkatkannya, dirinya mengajak kepada seluruh pimpinan OPD serta gugus tugas untuk bekerjasama dalam melengkapi dokumen-dokumen pendukung.

Kemudian OPD juga diminta dapat memetakan klaster-klaster persyaratan yang masih memungkinkan untuk dimasukan sebagai tambahan nilai pada proses verifikasi lapangan nanti.

“Jadi, saat ini, secara hasil nilai verifikasi adminstrasi, Bolmut telah memenuhi syarat untuk menjadi KLA dengan Predikat Pratama. Namun, hal itu tergantung hasil penilaian verifikasi lapangan yang akan dilakukan oleh Tim Pusat dari Kementrian,” ungkapnya.

Rapat Persiapan Verifikasi KLA di Bolmut
Rapat Persiapan Verifikasi KLA di Bolmut

Senada dengan Kepala Dinas PPKBPPPA Yani Lasama menyampaikan hasil penilaian verifikasi administrasi KLA, kabupaten Bolmut mendapatkan skor 765 poin.

“Sedangkan standar penilaian sebagai KLA dengan predikat Pratama nilainya yakni 500 – 600 Poin. Bolmut telah terpenuhi dengan Poin 765.”

Meski begitu, hal itu bisa saja berubah tergantung dari penilaian hasil verifikasi lapangan yang akan dilakukan pada Minggu ini,” ungkap Kadis.

Lebih lanjut, Yani Lasama mengurai pada proses verifikasi lapangan itu, sifatnya bukan terjun langsung ke obyek-obyek atau sarana-sarana yang menjadi penilaian KLA. Namun, sifatnya secara Hybrid yakni melalui sajian data yang dilengkapi dengan berkas pendukung seperti hasil dokumentasi (foto atau video).

“Sebagai Dinas teknis dan keseriusan Pemda dan dukungan dari semua OPD serta kalangan masyarakat Bolmut yang telah bekerja maksimal dalam meraih target ini, saya yakin kita pasti bisa mendapatkan KLA dengan Jenjang Predikat Pratama,” pungkasnya. (Svg)

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *