MoU Bersama DJPb, Bupati Depri Sepakati ini

Bupati Depri Menandatangani MoU bersama DJPb Sulut
Depri Pontoh bersama Kakanwil DJPb Sulut saat menandatangani MoU (Foto: Prokopim)

IDENTIK.NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melakukan Penandatanganan MoU bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (27/5/2022).

Bertempat di aula gedung keuangan negara RI perwakilan Sulut, MoU itu diketahui terkait sinergi pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan hubungan keuangan.

Pada MoU itu Bupati Bolmut Depri Pontoh menyepakati 2 poin, diantaranya;

  • Pertama

Sepakat bahwa pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik yang diwujudkan dalam bentuk pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di wilayah Kabupaten Bolmut, tidak dari kontekstualitas pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik secara nasional, baik dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, maupun pelaporan dan pertanggungjawaban.

  • Kedua

Sepakat untuk menjadikan nota kesepahaman ini sebagai kerangka dasar yang menjadi acuan dalam kegiatan pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sulawesi Utara Ratih Hapsari Kusumawardani dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari penandatanganan MoU tersebut adalah memperkuat koordinasi dan sinergitas antara Kanwil DJPb Sulut dengan Pemkab Bolmut.

Baca Juga: Kadispar Sulut Sebut Bolmut Serambi Wisata

“Penandatanganan MOU ini juga merupakan langkah awal dari implementasi RCE, yaitu pembentukan Forum Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara (FKPKN),” kata Kanwil.

Kanwil juga mengungkapkan forum tersebut diharapkan sebagai wadah koordinasi, komunikasi dan konsultasi terkait pengelolaan keuangan dengan semua stakeholders baik pusat dan Daerah.

“Khususnya antara Kementerian Keuangan sebagai pengelola fiscal dan Pemda sebagai pihak yang diberikan kewenangan untuk mengelola keuangan Daera,” bebernya.

Dikesempatan itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengapresiasi Kerjasama tersebut.

“Harapan saya selaku kepala daerah agar kerjasama yang terjalin selama ini mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan pembangunan daerah, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel,” kata Depri.

Demikian juga Depri berharap, Kanwil DJPb dapat terus bersinergi dan mendukung Pemkab Bolmut dalam hal pengelolaan keuangan.

“Sesuai dengan visi menjadikan kabupaten Bolmut pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat regional,” tandasnya. (Svg)

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *