KPU Bolmut Gelar Simulasi Pemungutan Hingga Penghitungan Suara Pemilu 2024

Proses simulasi Pemungutan dan Penghitungan surat suara Pemilu 2024
Proses simulasi Pemungutan dan Penghitungan surat suara Pemilu 2024 (Foto: Rahmat Tegila)
BOLMUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar simulasi pemungutan, penghitungan surat suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Simulasi itu dipusatkan di titik TPS III Desa Boroko Timur, Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut, di Wisata Pantai Batu Pinagut, Rabu (31/01/2024).

Dalam simulasi pemungutan dan penghitungan itu, KPU Bolmut menghadirkan petugas KPPS, PTPS, serta para saksi dari masing-masing Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Bolmut.

Ketua KPU Bolmut Zamaludin Djuka dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari edukasi dan sosialisasi KPU terhadap proses yang akan berlangsung di hari pemilihan umum nanti.

“Beginilah miniatur yang akan kita laksanakan pada 14 Februari 2023 nanti. Jadi ini bagian juga dari sosialisasi terhadap proses yang berlangsung didalam TPS pada hari H nanti,” jelas Zamaludin.

Dikesempatan itu, dia mengajak kepada seluruh stakeholder yang ada untuk sama-sama menyukseskan Pemilu 2024.

“Lewat kesempatan ini juga, saya atas nama KPU Bolmut, mengajak kepada kita semua, seluruh stakeholder,. lapisan masyarakat, untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2024,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Rachmat Pontoh mengatakan dukungannya atas diselenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, ada beberapa catatan penting yang harus diketahui dalam proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

“Catatan penting pertama, kegiatan ini adalah bagian dari bentuk edukasi. Dimana, gambaran situasi yang berlangsung di TPS nanti, sudah bisa diketahui oleh masyarakat,” kata Rachmat.

Edukasi tersebut dikatakannya, sangat bermanfaat. Terlebih dalam pengenalan surat suara yang digunakan masyarakat dalam mencoblos.

Ketua KPU Bolmut Zamaludin Djuka saat menyampaikan sambutannya di kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024
Ketua KPU Bolmut Zamaludin Djuka (Foto: Rahmat Tegila)

“Saran saya, coba kegiatan ini dibuat juga di wilayah-wilayah lain, agar massif tersosialisasi. Contoh, mulai dari bilik suara, kotak suara, hingga warna surat suara, juga tata cara membuka lipatan. Ini penting untuk diketahui,” ujarnya.

Sisi lain, dia mengingatkan kepada pihak KPU untuk tetap siaga dan mengantisipasi terhadap cuaca ekstrim yang saat ini belum menentu.

“Kedua, ini soal cuaca buruk. Penting kepada KPU mengantisipasi hal-hal seperti cuaca ekstrim, karena tanggung jawab di TPS itu hal utama. Bagaimana caranya ketika terjadi hal seperti itu. Apakah masih ada kesempatan merelokasi tempat TPS,” imbuhnya.

Hal tersebut kemudian dijawab langsung oleh KPU Bolmut melalui Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Nur Apri Ramadhan L. Usman. Dia menerangkan, KPU Bolmut telah mengantisipasi hal itu.

“Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti cuaca buruk, maka akan merelokasikan tempat TPS. Jadi ditingkatan PPK, akan menyediakan tempat alternatif TPS, ketika dibutuhkan, apabila terjadi cuaca buruk,” jelas Apri.

Diketahui, selain pemungutan dan penghitungan suara, KPU Bolmut juga mensimulasikan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *