Komando Berantas Korupsi, Jokowi Gunakan Peluit Integritas

Peluit Integritas Menjadi Lambang Komando Dalam Memberantas Korupsi
Peluit Integritas Menjadi Lambang Komando Dalam Memberantas Korupsi (Foto: Dok KPK)

IDENTIK.NEWS – Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkordia) tahun 2022, Presiden Joko Widodo menyerukan semangat memberantas korupsi dengan Peluit Integritas.

Peluit integritas menjadi tanda dibukanya Harkordia tahun 2022. Peluit yang dibunyikan oleh Jokowi tersebut telah menjadi lambang dari komando dalam memberantas korupsi di Bumi Indonesia.

Diketahui, peluit integritas merupakan orkestrasi dalam memberantas korupsi.

Peluit integritas menggambarkan pengungkapan tindak pidana korupsi, ia memiliki makna sebagai penanda atau pemberi keputusan terhadap fakta lapangan, mengungkap kebenaran yang ada.

Disisi lain, peluit integritas digunakan dalam latihan yang dirancang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penguatan whistleblowing system.

Pelatihan itu diyakini merupakan alat bantu deteksi kecurangan yang efisien dan sebagai bagian dari program internalisasi nilai-nilai integritas dalam diri pegawai.

Dikutip dari laman resmi KPK, berdasarkan data bulan maret 2021, terdapat 23 instansi yang ikut serta dalam pembentukan tim peluit integritas.

Perjanjian kerjasama terintegrasi dalam membangun whistleblowing system itu diharapkan dapat membangun semangat antikorupsi dilingkungan instansi masing-masing.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *