KKM Mahasiswa UBM Gorontalo di Tanjung Buaya, Targetkan Program Edukasi

Rapat Mahasiswa UBM Bersama Masyarakat Tanjung Buaya, Membahas Terkait Program Edukasi
Rapat Mahasiswa UBM Bersama Masyarakat Tanjung Buaya, Membahas Terkait Program Edukasi

IDENTIK.NEWS – Kuliah Kerja Mandiri (KKM) Mahasiswa Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo di Desa Tanjung Buaya kecamatan Bolangitang Barat, kabupaten Bolmut, targetkan berbagai program edukasi ke masyarakat Desa.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh sejumlah mahasiswa UBM Gorontalo yang melaksanakan rapat dengan masyarakat Desa Tanjung Buaya, Minggu (24/07/2022).

“Program yang kami laksanakan selama masa KKM di Desa Tanjung Buaya ini, rata-rata terkait edukasi kepada masyarakat Desa. Adapun edukasinya berkaitan dengan jurusan masing-masing kita (Mahasiswa) yang melakukan KKM di Desa ini,” kata Zulkifli Nurkamiden yang merupakan Kordes di Tanjung Buaya.

Dikatakannya, program edukasi yang akan dilakukan tersebut ialah, pemahaman serta pengenalan jenis obat-obatan alami hingga penggunaannya.

“Termasuk obat kimia yang kebanyakan dijual di warung kecil. Masyarakat kan kebanyakan jika sakit, kalau bukan berobat ke dokter, biasanya ke warung kecil untuk membeli obat. Ini yang kemudian perlu untuk diberikan pemahaman terkait dosis penggunaannya,” kata Zulkifli.

Khusus obat-obatan alami, kata Zulkifli, pihaknya berencana akan melaksanakan lomba kepada masyarakat disetiap dusun.

“Lombanya yakni, penanaman jenis obat-obatan alami dipekarangan rumah. Nanti akan dinilai perdusun, ini juga termasuk lomba dalam rangka menyambut 17 Agustus nanti,” tuturnya.

Zulkifli Nurkamiden, Kordes Mahasiswa UBM yang Melaksanakan KKM di Tanjung Buaya

Lebih lanjut ia mengatakan, pemberdayaan lain seperti di bidang administrasi Desa, hingga pencegahan Stunting, juga akan dilakukan.

“Kebetulan juga, ada beberapa mahasiswa yang jurusannya administrasi rumah sakit dan gizi, ini nanti akan berperan di bidang administrasi Desa serta pencegahan Stunting,” jelasnya.

Berkaitan hal itu, pihak Pemdes Tanjung Buaya, memberikan support kepada para mahasiswa UBM Gorontalo yang melaksanakan KKM di Desa tersebut.

“Program ini, merupakan sesuatu yang luar biasa, karena menyangkut edukasi bagi masyarakat tentang kesehatan, hingga administrasi ke Pemdes itu sendiri,” ucap Sangadi Desa Tanjung Buaya, Sidik Toliu.

Sidik kemudian mengimbau kepada masyarakat agar mendukung penuh segala program yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut.

“Karena ini baik untuk kita semua,” jelas Sidik. (Svg)

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *