Kempo Bolmut Bersiap Ikuti Tournament Fighter Championship Training Beladiri Kempo Indonesia

Kempo Bolmut Bersiap Ikuti Tournament Fighter Championship di Provinsi Gorontalo
Kempo Bolmut Bersiap Ikuti Tournament Fighter Championship di Provinsi Gorontalo (foto: herman)
BOLMUT – Dalam rangka mengikuti tournament Fighter Championship Training Beladiri Kempo Indonesia di Provinsi Gorontalo yang akan digelar pada 06 Juli 2024, para atlit Kempo Bolmut melakukan persiapan latihan lebih rutin untuk menghadapi tournament nanti, Jumat, (28/06/2024).

Pelatih Kempo Bolmut, Senpai Herman Dunggio menyampaikan, bahwa shorinji kempo merupakan salah satu cabang bela diri yang berasal dari Jepang. Kempo sendiri yang menggunakan pukulan, tendangan, kuncian, dan bantingan untuk menaklukkan lawan.

Dikatakannya sejak tahun 1947, Doshin Sho selaku pendiri shorinji kempo mengembangkan teknik pelatihan dan pengembangan diri yang dikenal dengan Shorinji Kempo , sehingga kempo diterima di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri lanjut Herman, berkembang sangat pesat, hal itu ditandai dengan semakin banyak kenshi-kenshi (sebutan untuk pemain kempo) yang ada di Indonesia.

Pembinaan pengembangan kegiatan olahraga merupakan bagian integral dari pembangunan Indonesia sekaligus merupakan wahana yang efektif untuk meningkatkan kualitas manusia baik fisik maupun mental.

Menyadari hal ini lanjut Herman, puncaknya prestasi dari cabang bela diri olahraga kempo tidak semuda membalikkan telapak tangan, tetapi diperlukan suatu proses yang panjang, mulai pembinaan sejak usia dini dan terarah, terukur, dibawah pengendalian para pengurus secara nasional, serta terlibat aktif dalam event-event kejuaraan, yang akan menumbuhkan sikap-sikap optimisme, percaya diri yang kuat, psikis yang hebat dan memiliki semangat juang yang tinggi.

‚ÄúPuncak dari kegiatan olahraga ini tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi butuh proses yang panjang yang dimulai sejak usia dini,” ujar Herman.

Atas dasar pemikiran tersebut kata Herman, maka pengurus serta para Sensei dan Senpai, bermaksud membuat kejuaraan melibatkan atlet pemula.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yakni, untuk mempererat rasa persaudaraan antara sesame kempoka, di Bolmut dan Gorontalo, mewujudkan pembinaan dan pengembangan potensi olahraga kempo di Bolmut secara merata, handal dan kompetitif.

Selain itu sebagai tolak ukur pengembangan potensi kempo Bolaang Mongondow Utara nantinya, sehingga tercipta alit yang berkualitas. Sebagai anjang uji coba kemampuan atlet-atlet kempo Bolmut dan menjadi sarana evaluasi terhadap pembinaan yang telah dilakukan. Sebagai ajang persiapan atlet-atlet kempo Bolmut dalam menghadapi event-event tingkat daerah dan nasional.

Disamping itu, kegiatan tersebut bertujuan membentuk atlet yang memiliki etika yang baik dan disiplin yang tinggi dan mengembangkan minat dan bakat bagi pelajar pada cabang olahraga bela diri shorinji kempo.

Herman juga menjelaskan bahwa jumlah peserta tim kempo Bolmut sebanyak 9 orang yang terdiri dari 7 orang putri, dan 2 orang putra.

Nama-nama atlet diantaranya sebagai berikut :

  1. Devy Mahmud
  2. Alenta Latodjo
  3. Sulistiawati Husaini
  4. Enjelika Dotulong
  5. Amalia Paputungan
  6. Nadhira Modeong
  7. Marwa Ticoalu
  8. Kefin Posumah
  9. Dafid Langka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *