Kabar Gembira, Mal Pelayanan Publik Bakal Hadir di Bolmut

Pj Bupati Bolmut Bersama Pegawai Dinas DPMPTSP Bolmut di Mal Pelayanan Publik
Pj Bupati Bolmut Bersama Pegawai Dinas DPMPTSP Bolmut (Foto: Rahmat Tegila/Identik)
BOLMUT – Pj Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena meninjau progres penyiapan tempat untuk dijadikan Mal Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Jumat (19/01/2024).

Peninjauan itu terpantau sekaligus, pengecekan kesiapan Mal Pelayanan Publik atau MPP itu, agar segera beroperasi di Kabupaten Bolmut.

Kepada identik.news, Sirajudin Lasena mengatakan, agenda tersebut juga merupakan bagian dari konsolidasi disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terintegrasi.

“Ini juga bagian dari konsolidasi disetiap OPD, untuk menyiapkan segala kebutuhan di MPP ini,” kata Sirajudin.

Ia pun memerintahkan kepada masing-masing OPD yang terintegrasi untuk menyiapkan petugas-petugasnya, yang akan ditempatkan di MPP tersebut.

“Di Mal Pelayanan Publik ini, kita harus memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Kita buat masyarakat juga nyaman disini, juga diluar ketika mengantri,” sebutnya.

Diterangkannya, tahun 2024 ini, kehadiran MPP di Kabupaten/Kota sudah menjadi ketentuan dan keharusan. Hal ini juga bagian dari mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, kita di Bolmut tengah dipersiapkan. Segala kekurangan kebutuhan, sama-sama kita usahakan terpenuhi, dan ini komitmen Pemkab Bolmut,” tutur Lasena.

Peninjauan Mal Pelayanan Publik di Bolmut
(Foto: Rahmat Tegila/Identik)

Selain ruangan pelayanan, Pj Bupati juga mengatakan akan membuka gerai di halaman MPP.

“Gerai itu, tak hanya setiap OPD, tapi juga ada instansi vertikal yang menyangkut pelayanan publik. Kemudian juga, nanti ada pelaku UMKM, agar semua sektor bisa termanfaatkan,” jelasnya.

Ditanya terkait peresmian MPP tersebut, Pj Bupati mengatakan akan dimulai dengan uji coba.

“Kita akan penuhi dulu semua kebutuhan, kemudian kita menyurat ke Kemenpan-RB untuk di verifikasi. Setelah itu mungkin akan ditinjau langsung oleh Kementrian. 2024 ini Insya Allah mulai beroperasi,” terangnya.

Berikut ini OPD Yang Terintegrasi Dalam Mal Pelayanan Publik

  1. Dinas Perpustakaan Daerah
  2. Badan Pengelola Keuangan Daerah 
  3. Dinas Dukcapil
  4. Dinas Perdagangan
  5. Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi
  6. Dinas PUPR
  7. Dinas Kesehatan
  8. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  9. Dinas Sosial
  10. Kesbangpol 

MPP sendiri diketahui, dirancang oleh KEMEPAN RB sebagai bagian dari perbaikan menyeluruh dan transformasi tata kelola pelayanan publik.

Dimana, menggabungkan berbagai jenis pelayanan pada satu tempat, penyederhanaan dan prosedur serta integrasi pelayanan pada Mal Pelayanan Publik akan memudahkan akses masyarakat dalam mendapat berbagai jenis pelayanan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *