NEWS  

Jokowi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid di IKN

Jokowi Bersama Menag Yaqut Cholil Qoumas saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di IKN
Jokowi Bersama Menag Yaqut Cholil Qoumas saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di IKN (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
NASIONAL – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengagendakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/01/2024).

“Alhamdulillah, pada hari ini Rabu, 17 Januari 2024, saya meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Negara di IKN,” kata Jokowi dikutip melalui unggahannya di Twitter.

Jokowi menerangkan, Masjid Negara itu akan memiliki daya tampung hingga 61.000 Jemaah.

“Sehingga bisa menjadi sarana untuk masyarakat dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi Umat Islam untuk melaksanakan aktivitas keagamaan serta kegiatan sosial, sekaligus simbol kekuatan toleransi dan moderasi beragama yang merepresentasikan kemajemukan Indonesia,” kata dia.

Dia mengatakan, pembangunan kawasan Masjid Negara itu, akan dikelilingi oleh air serta embung buatan, dengan infrastruktur kawasan, seperti jalan dan jembatan. 

“Kawasan ini juga akan menjadi rumah bagi kerukunan dan persatuan antar-umat, dengan akan dibangunnya sejumlah tempat ibadah lainnya, seperti Gereja, Wihara, Pura, serta Kelenteng,” tulisnya. 

Masjid Negara itu akan dibangun dengan nilai konstruksi Rp940 miliar. Akan dirancang menampilkan ciri khas Indonesia dan Ibu Kota Nusantara.

“Sehingga diharapkan dapat menjadi contoh baik bagi masjid-masjid negara lainnya di dunia. Masjid Negara di IKN Nusantara ini akan dibangun selama 400 hari kalender dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2025,” jelasnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *