Implementasi Inovasi BURASA Dikbud Bolmut, Komitmen Tingkatkan PAUD 2-6 Tahun

Bupati Bolmut Depri Pontoh Bersama Bunda PAUD
Bupati Bolmut Depri Pontoh Bersama Bunda PAUD

IDENTIK.NEWS – Pemerintah Kabupaten Bolmut melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolmut melaksanakan kegiatan Implementasi inovasi Bergerak Bersama Bunda Paud Desa (BURASA), Selasa (8/11/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Naulas Resort, Desa Paku Selatan, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolmut itu bergerak bersama bunda PAUD desa pada rangkaian sosialisasi peran bunda PAUD desa-kelurahan dalam peningkatan PAUD 2-6 tahun menuju generasi emas 2045.

Kepala Dinas Dikbud Sulha Mokodompit pada kegiatan itu mengurai terkait angka partisipasi kasar di kabupaten Bolmut.

Berdasarkan angka statistik kependudukan per 2021 khusus untuk anak usia 5-6 tahun, menurut Sulha, adalah 98 persen.

“Hampir semua anak usia 5-6 tahun telah bersekolah dijenjang taman kanak-kanak (TK). Namun jika dihitung usia 2-6 tahun Angka Partisipasi Anak (APK) Bolmut mencapai 60,4 persen,” jelas Sulha.

Meskipun telah mencapai APK PAUD tingkat nasional yaitu 44,18 persen diungkapkannya, pihaknya berkomitmen dengan bergerak bersama bunda PAUD desa, kemitraan dengan mitra terkait, organisasi dan pelaku usaha.

“Kabupaten Bolmut mampu meningkatkan APK usia PAUD dengan menjaga kualitas hiber Holistik Integratif meliputi aspek pendidikan dan kesehatan gizi dan kesejahteraan dan berdimensi sosial, Budaya dan ekonomi,” sebutnya.

Di samping itu, Kabid PAUD dan Dikmas Dikbud Hilda Potabuga menjelaskan, kegiatan Implementasi BURASA ini adalah kegiatan tindak lanjut dari Bimtek peran bunda PAUD yang dilaksanakan Juni 2022 lalu.

“106 bunda PAUD desa dan satu bunda PAUD kelurahan, 4 bunda PAUD kecamatan, 10 orang panitia, 2 narsumber lokal, 1 narasumber dari balai guru penggerak provinsi Sulut,” tutur Hilda.

 

Menurutnya, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan akan memasukan format data isian jumlah anak usia 2-6 disetiap desa baik yang bersekolah di lembaga PAUD maupun belum bersekolah.

 

“Presentasi terbaik dengan perhitungan APK tertinggi disetiap kecamatan nantinya akan mendapat bingkisan menarik persembahan bunda PAUD Kabupaten. Dan untuk 1-2-3 secara umum akan mendapat reword khusus yaitu belajalan (belajar sambil berjalan-jalan) bersama Pokja bunda PAUD Kabupaten Bolmut ke Pokja bunda PAUD Kota Gorontalo,” kuncinya. (Svg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *