Akan Diresmikan Jokowi Besok, Berikut Luas dan Manfaat Bendungan Lolak

Besok Bendungan Lolak Akan Diresmikan oleh Presiden Jokowi
Gerbang Bendungan Lolak
SULUT – Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara (Sulut) pada besok, Jumat (23/02/2024).

Lantas, berapakah luas bendungan lolak ?

Diketahui, Bendungan Lolak memiliki kapasitas tampung sebesar 16,23 juta meter kubik.

Bendungan kedua setelah Bendungan Kuwil Kawangkoan yang diresmikan Jokowi tersebut, juga memiliki luas genangan 101,75 hektare.

Adapun sejumlah manfaat yang bisa dinikmati ketika bendungan tersebut difungsikan, yakni dapat mengairi persawahan warga.

Bendungan sepanjang 604,5 meter tersebut dapat mengairi 6.950 hektare sawah di lumbung padi terbesar di provinsi Sulut yang berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa.

Selain itu, bendungan itu juga mampu menyediakan air baku 500 liter per detik, mereduksi banjir sebesar 29,42 persen serta menjadi sarana Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) sebesar 2,43 MegaWatt.

Lebih lanjut, Bendungan yang dibangun sejak 2015 silam itu, dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Provinsi Sulut.

Presiden Jokowi diketahui akan meresmikan langsung Bendungan tersebut pada Jumat Besok.

Dari informasi yang dirangkum, selain meresmikan Bendungan, Jokowi akan membagikan paket bantuan pangan untuk 1.000 penerima di Bulog Manado.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *