Membuka Masa Idul Fitri dengan Kebaikan: Pemdes Tanjung Buaya Salurkan BLT ke 38 KPM

Sekretaris Desa Tanjung Buaya Murianto Abdulfatah saat menyerahkan BLT DD Tahun 2024 ke Warga (Foto: Pemdes)
Sekretaris Desa Tanjung Buaya Murianto Abdulfatah saat menyerahkan BLT DD Tahun 2024 ke Warga (Foto: Pemdes)
BOLMUT – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Buaya Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), Rabu (03/04/2024).

BLT tersebut diketahui merupakan program Pemdes Tanjung Buaya pada Tahap I, yang menyasar 38 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Tindakan tersebut, mendapat respon positif dari masyarakat Tanjung Buaya. Hal ini menunjukkan Pemdes Tanjung Buaya telah membantu meringankan beban keuangan keluarga yang membutuhkan dan memperlihatkan kepedulian sosial dari pemerintah dalam masa sulit seperti sekarang.

Penyaluran BLT DD Tahun 2024 Desa Tanjung Buaya

Menurut Kepala Desa (Sangadi) Tanjung Buaya Sidik Toliu, bantuan tersebut diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan telah melalui proses seleksi yang sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.

“Pemdes Tanjung Buaya juga berupaya transparan dalam menyalurkan bantuan tersebut dengan menyediakan informasi mengenai penyalurannya,” kata Sidik.

“Kemudian, pencairan ini dilaksanakan menjelang lebaran, dimana saat masyarakat tengah membutuhkan keuangan dalam menyambut hari besar tersebut,” tambahnya.

Sidik menjelaskan, penerima BLT DD Tanjung Buaya Tahun 2024 ini, diprioritaskan pada para janda, lansia dan rumah tangga baru.

Sebanyak 38 KPM diberikan BLT DD Tanjung Buaya

“Hal itu dikarenakan, mereka itu sangat rentan dengan tekanan ekonomi, maka kami memberikan prioritas kepada mereka,” ungkapnya.

Adapun penyalurannya, 38 Keluarga penerima tersebut masing-masing menerima satu juta dua ratus ribu rupiah.

“Terhitung bulan Januari hingga April, Rp 300.000 dikali empat bulan, jadinya sebesar Rp 1.200.000,” terang Sidik.

Penyaluran BLT DD Desa Tanjung Buaya

Lebih lanjut dia mengatakan, kepada warga yang belum tersentuh program tersebut, bukan tidak tercover sama sekali, melainkan diakomodir melalui program Bantuan Sosial (Bansos) lainnya.

“Ada banyak bentuk Bansos, ada BLT DD yang barusan disalurkan, ada PKH, demikian juga dengan BPNT, dan masih banyak lagi, semua dapat,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *