Bolmut Kokoh Pertahankan Penganugerahan KLA Kategori Madya

Penganugerahan KLA oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
Penganugerahan KLA oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
IDENTIK.NEWS – Dalam rangka penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak atau KLA, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menganugerahi beberapa Kabupaten/Kota dan Provinsi yang terbaik di tiap kategori, Sabtu (22/07/2023).

Pada penganugerahan KLA tersebut, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berhasil mempertahankan penganugerahan dengan kategori Madya.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga menyampaikan, Penghargaan KLA tahun ini menunjukkan peningkatan yang cukup tajam di masing-masing kategori dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut mencerminkan komitmen dan keseriusan para pemimpin daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan terwujudnya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayah mereka masing-masing.

“Penghargaan KLA ini merupakan suatu bentuk apresiasi kami atas segala komitmen dan keseriusan para Gubernur, Bupati, Walikota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak.

Amanat kontitusi pun mewajibkan negara untuk memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam Konvensi Hak Anak yang diratifikasi melalui peraturan perundangan lainnya,” ungkap Bintang Pospayoga.

Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama saat diwawancarai terkait Verifikasi KLA di Bolmut
Kadis PPKBPPPA Bolmut, Yani Lasama

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (PPKBPPA) Yani Lasama kepada identik.news mengatakan, penganugerahan Kemen PPPA terhadap Kabupaten Bolmut, berkat kerjasama yang baik seluruh stakeholder.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik, Bolmut mampu mempertahankan penganugerahan KLA predikat Madya. Hal ini tentu merupakan nilai yang baik bagi suatu Kabupaten yang baru berumur 16 Tahun,” ungkap Yani Lasama.

Dia menerangkan, selain Bolmut yang mendapat predikat Madya, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pun berhasil mendapat penghargaan Provinsi Layak Anak (Provila).

“Tahun ini, rata-rata kami di Kabupaten/Kota se-Sulut, telah mengalami peningkatan. Demikian telah disampaikan oleh Menteri PPPA,” terang Yani.

Lebih lanjut, dirinya berharap, pada penilaian KLA kedepannya, Bolmut mampu meraih predikat Nindya hingga Utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *