Bawaslu Bolmut Gelar Rakernis Pengawasan Tahapan Pendaftaran dan Penetapan Paslon di Pilkada

Bawaslu Bolmut menggelar Rakernis dalam rangka pengawasan tahapan pencalonan dan penetapan Paslon di Pilkada Bolmut 2024
Bawaslu Bolmut menggelar Rakernis dalam rangka pengawasan tahapan pencalonan dan penetapan Paslon di Pilkada Bolmut 2024
BOLMUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) untuk mengawasi tahapan pendaftaran dan penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2024.

Rakernis yang berlangsung di Cafe Coconut Beach, Kawasan Pantai Batu Pinagut Boroko Timur, pada Jumat, 9 Agustus 2024, dihadiri oleh seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bolmut dan menghadirkan pemateri dari kalangan akademisi.

Dalam sambutannya, Plt Ketua Bawaslu Bolmut, Rizki Posangi, menekankan pentingnya pengawasan ketat pada setiap tahapan Pilkada untuk memastikan proses demokrasi berjalan lancar. “Rakernis ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan pemahaman di antara seluruh jajaran pengawas, terutama dalam menghadapi tahapan pendaftaran dan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Rizki

Pelaksanaan Rakernis oleh Bawaslu Bolmut

Rizki juga mengungkapkan bahwa Rakernis ini mendapat dukungan dari akademisi dengan menghadirkan Dr. Jericho Danga Pombengi, dosen Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang juga anggota Tim Seleksi Bawaslu dan pegiat pemilu. Dengan keahlian dan pengalaman yang dimilikinya, Dr. Pombengi memberikan wawasan tambahan mengenai metode pengawasan yang efektif serta cara mengidentifikasi potensi pelanggaran selama tahapan penting ini.

“Kami mengundang narasumber yang berpengalaman di bidang pengawasan pemilu agar materi yang disampaikan dapat langsung diterapkan oleh para pengawas di lapangan,” tambahnya.

Pelaksanaan Rakernis di Coconat Boroko

Rakernis ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan, perwakilan partai politik, Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Pendidikan, dan Kesbangpol Bolaang Mongondow Utara.

Bawaslu Bolmut berharap melalui kegiatan ini, seluruh jajaran pengawas pemilu di Bolmut dapat bekerja secara optimal untuk memastikan Pilkada 2024 berlangsung dengan jujur dan adil.

Bawaslu Bolmut Menggelar Rakernis dalam rangka pengawasan tahapan di Pilkada Bolmut

Pengawasan intensif pada tahapan pendaftaran dan penetapan calon diharapkan dapat mencegah pelanggaran yang dapat mencederai proses demokrasi di Kabupaten Bolmut.

(Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *