Bawaslu Bolmut Ajak Stakeholder Berpartisipasi pada Pengawasan di Pemilu 2024

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 oleh Bawaslu Bolmut, ajak stakeholder terlibat dalam pengawasan
Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 oleh Bawaslu Bolmut (Foto: supli/identiknews)
BOLMUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mengajak kepada seluruh stakeholder, untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Hal itu disampaikan oleh anggota Bawaslu Bolmut Divisi HP2H, Rizki Posangi, di kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2024 oleh Bawaslu Bolmut, Jumat (02/02/2024).

“Kami (Bawaslu) mengajak kepada seluruh teman-teman OKP, Wartawan serta seluruh stakeholder, untuk sama-sama berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2024 ini, agar terciptanya Pemilu yang berintegritas dan sukses,” kata Rizki.

Bawaslu sendiri kata Rizki, tidak bisa bergerak sendiri tanpa keterlibatan seluruh stakeholder. Dimana, Bawaslu dari tingkatan Kabupaten Bolmut, hanya mempunyai sekitar 200san personil sampai di tingkatan Desa.

“Tentunya dengan mengawasi enam puluh empat ribu lebih pemilih dan ratusan peserta Pemilu 2024 ini, dibutuhkan personil yang banyak pula. Untuk itu, partisipatif dari masyarakat dalam mengawasi pemilu ini, sangat dibutuhkan,” ujarnya.

“Jika menemukan pelanggaran di lapangan, silahkan dilaporkan ke Bawaslu,” sambung Rizki.

Bawaslu Bolmut, kata dia, sedari tahapan pencalonan legislatif, telah berupaya mengawasi proses tersebut. Termasuk, keterlibatan pengawasan dari masyarakat.

“Dan saat ini, kita tengah mengawasi tahapan kampanye. Perlu ditekankan bahwa, kampanye diluar jadwal tahapannya, adalah bentuk pidana Pemilu,” tegasnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Eki itu mengungkap, Bawaslu Bolmut telah mencatat beberapa upaya pencegahan dimulai dari imbauan, laporan hasil pengawasan, hingga temuan.

“Kesemuanya itu, akan berproses di Bawaslu nanti,” jelasnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *