Arab Saudi Menegaskan Jemaah Haji 2023 Wajib Vaksin Covid-19 Lengkap dan Meningitis

Jemaah Haji Tahun 2023 Diwajibkan Vaksin Covid-19 Lengkap dan Vaksin Meningitis Meningokokus
Jemaah Haji

IDENTIK.NEWS – Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah, menegaskan kewajiban bagi seluruh jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini, untuk melengkapi dosis Vaksin Covid-19 dan Vaksin Meningitis (meningokokus).

Selain itu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi menerangkan, calon jamaah haji juga sudah harus mendapatkan vaksin influenza musiman.

“Jamaah yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini diharuskan menyelesaikan semua dosis vaksinasi Covid-19,” bunyi laporan media lokal, mengutip pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

“Kementerian menyatakan jemaah haji tahun ini juga harus mendapatkan vaksin meningokokus dan vaksin influenza musiman,” sambungnya.

Meski begitu, Arab Saudi mengumumkan kuota haji tahun 2023 ini akan kembali seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia.

Bersamaan dengan hal tersebut Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, jemaah haji Indonesia tahun 2023, tak diwajibkan vaksin meningitis.

Dikutip dari CNN Indonesia, Yaqut menerangkan, hal ini disampaikan oleh Menteri Umrah dan Haji Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah ketika berkunjung ke Indonesia bulan Oktober lalu.

“Sekarang tidak ada kewajiban untuk vaksin sebagaimana sudah disampaikan oleh menteri haji saudi waktu datang ke Indonesia,” terang Yaqut, Sabtu (14/01/2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *