APBDes Talaga 2024 Ditetapkan, Aprisal Pohontu: Pemenuhan Kewajiban

Penetapan APBDes Talaga Tahun 2024
Penetapan APBDes Talaga Tahun 2024 (foto: Svg)
BOLMUT – Pemerintah Desa (Pemdes) Talaga, Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmut, telah menetapkan APBDes 2024 sebagai rencana keuangan untuk pembangunan desa tersebut.
Tidak hanya mencakup kegiatan pembangunan fisik, APBDes juga melibatkan program sosial dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Penetapan tersebut dilaksanakan di kantor desa, dihadiri oleh jajaran Pemdes, BPD serta masyarakat Desa Talaga, Selasa (26/03/2024).

Sangadi Talaga, Aprisal Pohontu dalam sambutannya mengatakan, penetapan APBDes tersebut merupakan suatu pemenuhan kewajiban dalam roda pemerintahan Desa.

“Salah satu hal penting dalam pembangunan desa adalah pengelolaan keuangan dan anggaran yang tepat. Oleh karena itu, Pemdes Talaga telah menetapkan APBDes 2024 sebagai langkah awal dalam merencanakan dan mengelola keuangan desa,” kata Aprisal.

APBDes atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa adalah rencana keuangan yang dibuat setiap tahun oleh pemerintah desa.

APBDes mencakup semua sumber pendapatan dan pengeluaran desa serta rencana penggunaannya selama setahun ke depan.

“Untuk penyusunan, APBDes harus disusun secara transparan dan akuntabel agar masyarakat desa dapat memantau penggunaan keuangan yang dilakukan oleh pemerintahnya. Dan kami pun berkomitmen terhadap tranparansi ini,” ungkap Aprisal.

Dia mengungkap, dalam pembangunan desa memerlukan biaya yang cukup besar, terutama untuk memperbaiki infrastruktur dan memenuhi kebutuhan masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan.

“Nah, APBDes menjadi penting untuk memastikan penggunaan anggaran yang tepat dan efektif bagi pembangunan desa. Dengan melakukan perencanaan yang baik melalui APBDes, pemerintah desa dapat mengalokasikan dana secara tepat sasaran dan memaksimalkan hasil pembangunan itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aprisal berharap kolaborasi Pemdes dan masyarakat Desa Talaga, tetap terjaga dan bahu membahu mendukung program yang ada.

“Tentunya hal ini untuk kemajuan Desa kita bersama,” jelas Aprisal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *