AKBP Juleigtin Siahaan: Harus Ada Komunikasi Yang Baik Antara Kepolisian dan Masyarakat

Kapolres Bolmut AKBP Juleigtin Siahaan saat Press Conference Akhir Tahun 2023
Kapolres Bolmut AKBP Juleigtin Siahaan saat Press Conference Akhir Tahun 2023
IDENTIK.NEWS – Kapolres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) AKBP Juleigtin Siahaan mengatakan, pentingnya komunikasi kepolisian dan masyarakat, harus tetap ditingkatkan.

Hal itu disampaikannya saat press conference akhir tahun 2023 di Mako Polres Bolmut, Jumat (29/12/2023).

“Komunikasi kami (Kepolisian) dengan masyarakat, dimana kami sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 02 Tahun 2022, bahwa harus ada komunikasi yang baik kami sebagai pelayan masyarakat,” ujarnya

Juleigtin Siahaan menerangkan, bahwa setiap kegiatan yang ada di Polres Bolmut harus dipublikasikan sebagaimana diatur dalam undang-undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Jadi segala sesuatu yang kita (Polisi) kerjakan, yang didukung dengan anggaran negara, harus bisa diketahui (publikasikan) tolak ukur keberhasilannya. Jadi melalui press conference ini, merupakan sarana atau media untuk menyampaikan beberapa hal terkait kinerja Polres Bolmut,” terang Siahaan.

Jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2003 itu kemudian menerangkan kinerja Polres Bolmut sepanjang Tahun 2023, mulai dari pembinaan di internal Polri, penganggaran, pengungkapan kasus narkotika dan obat-obatan terlarang, serta jumlah kasus reserse kriminal.

“Untuk pembinaan selama periode 2023, jumlah pelanggaran anggota Polri yang ada di Polres Bolmut ada sekitar 14 kasus. Dari 14 kasus itu, sesuai dengan ketentuan, pelanggaran Polri itu ada dua, yaitu pelanggaran disiplin dan kode etik Polri, rinciannya 11 pelanggaran disiplin dan 3 kode etik Polri,” ungkap Siahaan.

Sementara itu, pada pengungkapan kasus peredaran Narkotika dan Obat-obatan terlarang, Polres Bolmut telah menangani empat kasus dengan empat orang tersangka.

“Perbandingannya, di Tahun 2022 itu ada 3 kasus dengan 3 orang tersangka kasus Narkotika dan Obat-obatan terlarang. Kami juga telah berhasil menyita barang buktinya,” katanya.

Selain itu, Polres Bolmut juga telah menangani 212 kasus reserse kriminal dengan 228 laporan polisi.

“Dari 212 kasus tersebut, 107 dalam proses lidik, yang sementara ditangani ada 105 kasus. Penanganan ini maksudnya, ada yang sedang dalam tahapan lidik, ada yang tahap satu, dan yang P21, ada tahap dua, ada yang dihentikan, ada SP3,” ujarnya.

Kapolres Bolmut pun menaruh harapan di Tahun 2024 mendatang untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan, pengayom dan pelindung kepada masyarakat.

“Baik dari aspek pembinaan, operasional maupun aspek-aspek yang lain. Yang selanjutnya kaitan dengan situasi keamanan, sejauh ini kondusif dan semoga tetap terpelihara,” harapnya.

Kapolres Bolmut AKBP Juleigtin Siahaan Bersama Forkopimda Saat Press Conference Akhir Tahun 2023 di Mako Polres Bolmut

“Kemudian juga, menghadapi Pemilu maupun Pilkada di tahun 2024 nanti, diharapkan bisa tetap terjaga keamanannya, bahkan bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah yang lain,” tambahnya.

Lowongan Pekerjaan Sebagai Wartawan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *