118 Siswa di Bolmut Ikut Seleksi Tahap III Calon Paskibraka

Calon Paskibraka di Bolmut saat mengikuti seleksi tahap III
Calon Paskibraka di Bolmut saat mengikuti seleksi tahap III, Rabu (10/05/2023) bertempat di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bolmut
Antusias Siswa-siswi di Kabupaten Bolmut terhadap Paskibraka cukup besar. Hal itu terbukti pada pendaftaran pertama, mencapai 247 pendaftar

IDENTIK.NEWS Sebanyak 118 Siswa yang berasal dari SMA/SMK se-kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mengikuti seleksi tahap III calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka, Rabu (10/05).

118 Calon Paskibraka tersebut, diketahui telah melewati proses seleksi tahap I dan tahap II di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bolmut.

Kepala Dispora Bolmut Musliman Datukramat saat dikonfirmasi media ini diruang kerjanya mengatakan, proses seleksi Paskibraka tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Perbedaannya yakni sekarang proses seleksi sudah menggunakan aplikasi yang terkoneksi langsung ke Pusat. Jadi transparansinya jelas,” kata Musliman.

Musliman menerangkan, antusias Siswa-siswi di Kabupaten Bolmut terhadap Paskibraka cukup besar. Hal itu terbukti pada pendaftaran pertama, mencapai 247 pendaftar.

“247 Siswa yang mendaftar, terdiri dari 123 Putra dan 124 Putri. Kemudian ikut seleksi tahap II, gugur berapa dan sekarang seleksi terakhir tahap III tersisa 118 Siswa,” terang Musliman.

Proses seleksi tahap I hingga tahap III, kata dia, mempunyai tes spesifikasi masing-masing.

“Kalau tahap I seleksi Umum, tahap II sudah ada ujian fisiknya, baris berbaris. Kemudian tahap III terakhir, yakni tes tertulis, termasuk wawancara intelegensi, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila,” tuturnya.

Dari 118 calon tersebut, lanjutnya, akan mengerucut menjadi 35 siswa yang terpilih nanti.

“Itu yang kemudian akan dilatih untuk Paskibraka upacara 17 Agustus 2023 nanti di Kabupaten Bolmut, ada yang dikirim ke Provinsi juga,” ucapnya.

Dia berharap kedepan, anggaran untuk Paskibraka bisa ditambah. Demikian kata dia agar, animo atau keinginan yang kuat dari Putra-putri di Bolmut dapat sebagian besar terakomodir.

“Kalau anggarannya cukup, nanti kan bisa dibagi menjadi dua kelompok. Ada kelompok pengibar bendera dan kelompok penurunan bendera,” imbuhnya.

Penulis: Svg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *